Kompas TV nasional peristiwa

Polri soal Konvoi Brimob di Kejagung, Sebut sebagai Patroli Rutin

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 20:54 WIB
polri-soal-konvoi-brimob-di-kejagung-sebut-sebagai-patroli-rutin
Kadiv Humas Polri Irjen Shandi Nugroho. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Shandi Nugroho menyebut konvoi polisi di sekitar Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta merupakan patroli rutin biasa.

Seperti diketahui, konvoi kendaraan Brimob Polri di sekitar Gedung Kejagung terjadi pasca-insiden penguntitan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Ardiansyah oleh anggota Datasemen Khusus (Densus) 88.

"Patroli itu merupakan tugas kepolisian dan setiap hari dilaksanakan. Mungkin kalau ditanya teman-teman yang tinggal di dekat dekat kantor atau batalyon Brimob atau kompi Brimob mungkin hampir tiap hari itu ada kegiatan patroli," kata Shandi dalam konferensi pers, Kamis (30/5/2024).

"Jadi kegiatan patorli yang dilaksanakan oleh anggota kepolisian di manapun berada merupakan hal yang biasa."

Meski demikian, ia menyebut terkadang patroli dari Polri tersebut suka dipersepsi dengan hal-hal yang berbeda.

"Namun, memang tugasnya polisi untuk melaksanakan patroli, apakah itu patroli gabungan, atau patroli sendiri-sendiri atau patroli kaitannya dengan situasi kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) dan sebagainya," ujarnya.

Baca Juga: Polri soal Anggota Densus 88 yang Kuntit Jampidus Diperiksa Propam: Hasilnya Tak Ada Masalah

Terlebih, lanjut dia, dalam waktu dekat ini juga akan ada peringatan hari ulang tajun atau HUT Polri yang jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang. Oleh karenanya, wajar bila kegiatan patroli lebih ditingkatkan.

"Apalagi ini mau kegiatan ulang tahun 1 Juli tentu saja volume kegiatan patroli akan ditambah untuk bisa memastikan bahwa semua kegiatan berjalan dengan baik dan kamtibmas juga bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Jampidsus Febrie Adriansyah dikuntit anggota Densus 88 Polri Bripda Iqbal Mustofa (IM) di sebuah restoran di Jakarta Selatan, Jumat (24/5) pekan lalu.

Kejadian tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangaan Hukum Kejagung Ketut Sumedana.

Tak lama setelah penguntitan tersebut, viral sejumlah Brimob berkeliling di sekitar Gedung Kejagung. Menurut Ketut, hal ini adalah satu rangkaian dari kejadian penguntitan Jampidsus Febrie Ardiansyah oleh anggota Densus 88 tersebut.


“Ya (konvoi Brimob) itu rangkaian semuanya yang sudah dilaporkan kepada pimpinan,” kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana saat jumpa pers, Rabu (29/5).

Sementara terkait penguntitan terhadap Jampidsus, Ketut menyebut pimpinan Polri maupun Kejagung sudah menyelesaikannya.

Baca Juga: Densus 88 Kuntit Jampidsus, Bagian Intervensi Hukum pada Kejagung?



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x