Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Kita Harap Pancasila Jadi Pembebas dari Ketergantungan pada Pihak Asing

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 09:39 WIB
jokowi-kita-harap-pancasila-jadi-pembebas-dari-ketergantungan-pada-pihak-asing
Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila, Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kehadiran Pancasila dapat menjadi pembebas bangsa Indonesia dari ketergantungan terhadap pihak asing.

Hal ini disampaikan Kepala Negara saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila, Lapangan Garuda Pertamina di Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dalam pidatonya, Jokowi berpesan kekayaan negara harus dijamin sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat.

Indonesia, lanjut dia, juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

Salah satunya di blok rokan yang jadi tempat upacara peringatan hari lahir Pancasila pada hari ini.

"Setelah saham mayoritas Freeport kita ambil alih dan kita ambil alih blok rokan ini di Dumai, yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia, yang sudah dikelola perusaaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun," kata Jokowi.

"Kita harap kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing."

Lebih lanjut, Presiden menyebut mendapat laporan bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari.

"Ini lebih tinggi dari saat kelola dari Caltex maupun Chevron, dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia. Blok Rokan ini adalah blok paling besar."

Baca Juga: Momen Kedatangan Jokowi di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Jokowi menambahkan, Freeport dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya dari Indonesia untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi.

Serta untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata dalam membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional dan berdiri di atas kekuatan sendiri.

Adapun dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga turut hadir sebagai peserta upacara.

Pada kegiatan upacara tersebut, yang bertugas sebagai Komandan Upacara yakni Komisaris Besar Polisi Andri Ananta Yudhistira.


Sementara itu, bertindak sebagai pembaca teks Pancasila yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo,  sebagai pembaca pembukaan UUD 1945  Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dan pembaca doa dipercaya Menko PMK Muhadjir Effendy.

Adapun Tema dari peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Baca Juga: Revisi PP Minerba, Jokowi Teken Aturan yang Memungkinkan Ormas Keagamaan Kelola Tambang



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x