Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat hingga DIY Kamis 6 Juni 2024

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 10:41 WIB
waspada-gelombang-tinggi-di-laut-selatan-jawa-barat-hingga-diy-kamis-6-juni-2024
Ilustrasi gelombang tinggi. (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

CILACAP, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat di wilayah pesisir selatan Jawa Barat hingga Daerah Istimewa Yogyakarta serta seluruh pengguna jasa kelautan untuk mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat-DIY, khususnya wilayah Samudra Hindia, Kamis (6/6/2024).

Peringatan ini disampaikan oleh Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo.

Menurut Wardoyo, potensi gelombang tinggi sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu dan diperkirakan masih akan terjadi hingga akhir pekan ini.

Di wilayah perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY, tinggi gelombang diprediksi berkisar antara 1,25-2,5 meter atau kategori sedang. Sementara itu, di wilayah Samudra Hindia selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY, tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2,5-4 meter atau kategori tinggi.

"Meskipun tinggi gelombang di wilayah perairan atau pantai selatan Jabar-DIY relatif sedang, kami imbau wisatawan untuk tidak bermain air atau berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Wardoyo dikutip dari Antara.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG 6-7 Juni 2024: Wilayah-Wilayah Ini Diprediksi Hujan Lebat-Angin Kencang

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan gelombang tinggi dari Samudra Hindia yang dapat menjangkau wilayah perairan tersebut.

Wardoyo memperkirakan potensi gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY akan semakin sering terjadi seiring menguatnya musim angin timuran.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan tinggi gelombang saat puncak musim angin timuran bisa mencapai kisaran 4-6 meter atau kategori sangat tinggi.

"Kami akan terus memantau perkembangan tinggi gelombang di wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar DIY yang saat ini telah memasuki musim angin timuran," kata Wardoyo.

BMKG juga mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 26 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem pada Kamis 6 Juni

Berdasarkan analisis, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter berisiko terhadap perahu nelayan, serta kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter berisiko terhadap tongkang.

Lebih lanjut, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter berisiko terhadap kapal feri, sementara kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter berisiko terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x