Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Gelar Pertemuan dengan Prabowo di Istana, Ini Pembahasannya

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 13:50 WIB
jokowi-gelar-pertemuan-dengan-prabowo-di-istana-ini-pembahasannya
Presiden Jokowi saat menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rabu (28/2/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) gelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kompleks Istana Kepresidenan.

Pertemuan yang dilakukan secara internal tersebut dilakukan untuk membahas hasil diplomasi Indonesia di IISS Shangri-La Dialogue Ke-21 yang digelar di Singapura.

Demikian Menhan Prabowo dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2024).

“Mau laporan ke Presiden, kembali dari Shangri-La. Mau laporkan perkembangan pertemuan-pertemuan saya di luar negeri,” kata Prabowo.

Baca Juga: Burhanuddin: Hasil Survei, Ahok Kalah Pilgub Jakarta Jika Head To Head dengan Anies dan Ridwan Kamil

Shangri-La Dialogue Ke-21 merupakan forum diskusi isu-isu strategis, geopolitik, pertahanan dan keamanan yang mempertemukan pemimpin negara, pejabat pemerintahan, analis dan ahli dari lembaga think-tank, praktisi serta akademisi.

Forum itu digelar rutin tiap tahun di Singapura sejak 2002 oleh Institute for Strategic Studies (IISS). Rangkaian acara Shangri-La Dialogue Ke-21 berlangsung pada 31 Mei 2024 hingga 2 Juni 2024.

Menhan Prabowo yang juga Presiden Terpilih 2024-2029 menegaskan komitmen Indonesia untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Gaza dalam rangka menjaga dan memantau gencatan senjata antara Palestina dengan Israel.

“Kami (Indonesia) siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak,” kata Prabowo saat menghadiri pertemuan IISS Shangri-La Dialogue Ke-21 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga: Mensesneg Pratikno Lantik Yusuf Permana Jadi Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden

Dalam kunjungannya ke Singapura, Prabowo juga sempat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan membahas perihal pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Selain dengan Zelenskyy, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin III di sela-sela kegiatan, untuk membahas modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Dalam pertemuan dengan Lloyd J Austin, Prabowo menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan AS dalam kerja sama untuk memodernisasi peralatan pertahanan Indonesia untuk memenuhi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x