Kompas TV nasional hukum

KPK Sebut Penyitaan Ponsel Hasto Sudah Sesuai UU Tipikor

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 19:45 WIB
kpk-sebut-penyitaan-ponsel-hasto-sudah-sesuai-uu-tipikor
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta pada Jumat (24/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak menyebut penyitaan ponsel dan sejumlah barang milik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, sudah sesuai Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi ( UU Tipikor).

Johanis menanggapi laporan yang dilayangkan Hasto terhadap penyidik KPK bernama Rossa Purbo Bekti terkait penyitaan barang.

Ia melaporkan Rossa ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Komnas HAM, dan Bareskrim Mabes Polri.

Penyitaan dilakukan saat Hasto menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus eks caleg PDIP, Harun Masiku, yang saat ini buron, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Staf Hasto Ngaku Trauma Dibentak Penyidik, KPK Bantah: Ada CCTV, Bisa Dilihat

"Penyidik KPK melaksanakan tugas penyidikan dan melakukan penyitaan itu sesuai perintah UU sebagaimana diatur dalam UU Tipikor, UU KPK, UU ITE, UU Hukum Acara Pidana dan peraturan perundang-undangan lainnya," kata Johanis, Jumat (14/6/2024), dikutip Tribunnews.com.

Menurutnya, para penyidik KPK telah melaksanakan tugas, seperti melakukan penyitaan, sesuai dengan undang-undang.

Ia mengatakan aturan mengenai sah atau tidaknya alat bukti elektronik menurut hukum, diatur dalam Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Hal itu, kata dia, diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/PUYXIV/2016.

"Dengan demikian, penyadapan yang diatur dalam UU Tipikor dan UU KPK termasuk sebagai alat bukti elektronik yang sah dan alat bukti elektronik tersebut diperoleh dari perangkat alat elektronik, termasuk HP, sehingga tindakan penyidik KPK melakukan penyitaan HP untuk kepentingan penyidikan dalam upaya mengumpulkan bukti," beber Johanis.

Baca Juga: KPK soal Staf Hasto PDIP Klaim Dibentak Penyidik: Nanti Diuji

 

Sebelumnya, pada Senin (10/6/2024), penyidik KPK menggeledah staf Hasto, Kusnadi, yang mendampingi Sekjen PDIP tersebut ketika mendatangi gedung lembaga antirasuah.

Penggeledahan terhadap Kusnadi yang membawa barang-barang Hasto, dilakukan saat Hasto diperiksa sebagai saksi kasus suap dengan tersangka Harun Masiku.

Menurut kuasa hukum Hasto, KPK kemudian menyita ponsel dan beberapa barang Hasto. KPK juga disebut menyita ponsel milik Kusnadi.

Harun Masiku adalah tersangka kasus dugaan suap terhadap eks komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Harun diduga menyuap Wahyu untuk memuluskan jalannya menjadi anggota DPR lewat mekanisme pergantian antarwaktu.


 



Sumber : Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x