Kompas TV nasional peristiwa

AKABRI 1994 Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan, Salurkan 31.362 Sembako hingga Khitanan Massal

Kompas.tv - 16 Juni 2024, 03:05 WIB
akabri-1994-gelar-bakti-sosial-dan-kesehatan-salurkan-31-362-sembako-hingga-khitanan-massal
Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1994 menggelar acara Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan dalam rangka merayakan 30 tahun pengabdian dengan tema 30 Tahun Pengabdian Palagan 94, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto memimpin acara megah Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan dalam rangka merayakan 30 tahun pengabdian Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1994. 

Acara yang bertemakan "30 Tahun Pengabdian Palagan 94, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami" ini tidak hanya menjadi momen syukur atas pengabdian mereka selama tiga dekade, tetapi juga sebagai bentuk nyata komitmen untuk terus melayani masyarakat, bangsa, dan negara.

Kegiatan yang berlangsung selama 37 hari, mulai dari tanggal 10 Mei hingga 15 Juni 2024, tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

Wilayah-wilayah tersebut termasuk Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Sulawesi Selatan, Papua Barat, Maluku Utara, Jawa Barat, Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Bali, Sumatra Utara, Jambi, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Jawa Tengah.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 31.362 paket sembako disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Tak hanya itu, lebih dari 12.000 orang menerima pelayanan kesehatan yang meliputi pengobatan umum sebanyak 2.905 kali, donor darah, pemeriksaan lab sederhana 1.100 kali, pelayanan kesehatan gigi 1.100 kali, pemeriksaan kesehatan mata 1.099 kali, dan khitanan massal 2.616 kali. 

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dikerahkan lebih dari 300 dokter, 600 perawat, dan 1.200 tenaga medis lainnya.

Selain itu, dilakukan juga kegiatan lingkungan seperti penanaman 5.500 bibit pohon dan 55.000 bibit ikan, renovasi fasilitas umum, pembuatan sumur bor, bak penampungan air, pembangunan fasilitas MCK, serta perbaikan rumah ibadah.

Baca Juga: Korlantas Polri Kenalkan ETLE Pendeteksi Wajah, Identitas Pengendara Dapat Dikenali

Hal-hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat, terutama di masa-masa sulit seperti saat ini.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI, Kabaharkam Polri, PJU Mabes Polri, Forkopimda DKI Jakarta, PJU Polda Metro Jaya, Kapolres beserta jajaran, dan para alumni AKABRI Angkatan 94 yang turut berkontribusi dalam kesuksesan kegiatan ini.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. 

Menurutnya, kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan ini tidak hanya mencerminkan semangat pengabdian yang tinggi dari anggota AKABRI 1994, tetapi juga membawa dampak positif yang besar bagi masyarakat yang menerimanya.

Sementara itu, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto menekankan melalui kegiatan ini, mereka ingin menunjukkan bahwa semangat kebersamaan dan gotong royong tetap hidup dan menjadi bagian integral dari pengabdian mereka kepada negara. 

Suyudi pun berharap kegiatan ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang sehat, tetapi juga mendukung kondusifitas dan kerukunan masyarakat, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

"Semoga melalui bakti sosial dan bakti kesehatan yang dilaksanakan ini menciptakan suasana politik yang sejuk, aman dan damai serta mendukung kondusifitas serta kerukunan antar masyarakat sehingga terjaga dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” katanya. 

Baca Juga: Beri Edukasi Masyarakat Pesisir, TNI AL Gelar Pembinaan Ketahanan Wilayah Bahari



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x