Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Sebut Penyaluran Bantuan untuk Lansia, KJP hingga KJMU di Jakarta Harus Diperbaiki

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 14:25 WIB
anies-sebut-penyaluran-bantuan-untuk-lansia-kjp-hingga-kjmu-di-jakarta-harus-diperbaiki
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara dengan wartawan usai melaksanakan salat Iduladha di Jakarta, Senin (17/6/2024). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai penyaluran bantuan untuk lansia, serta bantuan pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa di Jakarta, harus diperbaiki.

Ia mengatakan hal itu saat dimintai tanggapan soal Ridwan Kamil yang diusulkan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024, oleh wartawan.

Anies mengatakan dirinya tidak punya tanggapan khusus untuk proses-proses politik yang memang sudah sewajarnya dilakukan.

Menurutnya, yang lebih penting adalah fokus pada masalah-masalah yang ada di Jakarta, termasuk soal penyaluran bansos untuk lansia, Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). 

"Kebijakan bantuan untuk lansia yang harus kita perbaiki," ujar Anies usai melaksanakan salat Iduladha di Jakarta, Senin (17/6/2024).

"KJP yang harus diperbaiki, KJMU untuk mahasiswa unggul, yang kemarin mahasiswa unggulnya mengeluh tentang pemotongan.”

Baca Juga: Anies Kritik Pemprov DKI, Sebut Kemakmuran Warga di Kampung Padat Tidak Dijadikan Prioritas

Lebih lanjut, Anies mengkritik Pemerintah Provinsi Jakarta yang menurutnya tidak lagi memprioritaskan nasib warga kampung-kampung padat di Jakarta. Padahal, mereka punya hak yang sama untuk mendapatkan kemakmuran.

"Akhir-akhir ini mereka tidak dijadikan prioritas utama, padahal kota ini adalah kota untuk semua, bukan hanya kota untuk yang sudah makmur, tetapi kota-kota yang ingin makmur," ujarnya.

"Saya merasa penting sekali untuk kita fokus. Jangan sampai kita lihat akhir-akhir ini, bagaimana mereka yang kecil terkalahkan, yang sulit cari pekerjaan tidak dapat kemudahan, biaya hidup di Jakarta menjadi semakin hari semakin tinggi."

Karena itu, Anies mengaku tidak tertarik untuk merespons dinamika proses politik tentang bagaimana partai politik memunculkan kandidatnya untuk Pilkada Jakarta 2024. Sebab, bagi Anies, yang terpenting adalah warga Jakarta harus mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

Baca Juga: Ini Respons Anies soal Ridwan Kamil Diusulkan Maju di Pilkada Jakarta 2024

"Bagi kami yang penting bahwa Jakarta ini rakyat kebanyakan membutuhkan perhatian khusus. Khususnya mereka yang kecil, yang lemah, yang datang ke Jakarta untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, yang tinggal di kota ini untuk lebih sejahtera. Fokus di sana," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x