Kompas TV nasional hukum

Penasihat Ahli Kapolri Benarkan Propam Periksa Iptu Rudiana, Sebut Diduga Rekayasa Kasus Vina & Eky

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 17:30 WIB
penasihat-ahli-kapolri-benarkan-propam-periksa-iptu-rudiana-sebut-diduga-rekayasa-kasus-vina-eky
Ayah Muhammad Riski Rudiana alias Eki, Kapolsek Kesambi Cirebon Iptu Rudiana saat menyampaikan keterangan terkait kasus pembunuhan anaknya. (Sumber: Kollase Kompas Tv/akun Instagram @hotmanparisofficial)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penasihat ahli Kapolri, Irjen (Purn) Aryanto Sutadi membenarkan bahwa Propam Polri telah memeriksa ayah Eky, Iptu Rudiana sehubungan kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 lalu.

Aryanto mengatakan, Iptu Rudiana diduga melakukan "blunder" sehingga muncul dugaan rekayasa pengusutan kasus pembunuhan Vina dan Eky. Namun, ia enggan berbicara banyak mengenai pemeriksaan Iptu Rudiana oleh Propam.

"Beliau (Kapolri) perintahkan untuk Propam, Irwasum (Inspektorat Pengawasan Umum) turun. Jadi sudah memeriksa Iptu Rudiana, cuma hasilnya tidak diekspose," kata Aryanto, Minggu (16/6/2024).

"Tapi yang jelas sekarang ini proses yang dilakukan oleh Polda adalah kelanjutan daripada proses yang dulu dianggap sudah tuntas tapi dianggap bermasalah."

Baca Juga: Kasus Vina Cirebon, Polisi Periksa Teman Dekat Pegi, Klaim Punya Bukti untuk Tunjukkan Hal Ini

Aryanto menyampaikan, keterlibatan Iptu Rudiana dalam mengungkap kasus pembunuhan Vina dan Eky tergolong janggal. Pasalnya, pada 2016, Iptu Rudiana menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Cirebon.

"Pasti dalam kasus ini yang nomor satu diperiksa adalah Iptu Rudiana, karena di situlah mulai terjadi blunder. Seakan-akan penyidikan yang dulu sudah selesai di tahun 2016, ternyata di belakangnya diawali dengan tuduhan bahwa itu kasus rekayasa terutama direkayasa Rudiana itu," kata Aryanto dikutip Tribunnews.

"Dugaan saya jelas itu memang dia (Iptu Rudiana) kan bikin LP, ikut melakukan penangkapan. Apakah Kasat Narkoba boleh nangkap urusan pidana hukum? Karena polisi kan demi kecepatan dalam rangka pengejaran siapa pun itu dikejar, kelengkapannya dilengkapi kemudian."

"Kalau di sini, apakah memang benar karena Eky, anaknya meninggal, Rudiana dengan marah sehingga dia menangani itu sampai selesai? Rudiana itu (katanya) sampai LP saja, yang menangani Reserse Umum."

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, salah satu saksi kunci kasus pembunuhan Vina dan Eky, Liga Akbar mengaku sempat ditemui Iptu Rudiana usai kejadian. Liga Akbar belakangan ini mencabut kesaksiannya sehubungan pembunuhan tersebut dan menyatakan tidak berada di dekat TKP saat kejadian.

Kata Liga, Iptu Rudiana menelepon mengajaknya bertemu kemudian menanyainya di dalam mobil. Saat itu, ayah Eky disebutnya menunjukkan foto Rivaldy alias Ucil.

"Pak Rudiana juga menanyakan sebelumnya (Eky) ada masalah tidak sama orang lain, terus saya jawab bahwa Eky pernah cerita kalau pernah ada masalah dengan Rivaldy," kata Liga.

"Saya sendiri nggak kenal sama Rivaldy, termasuk Rivaldy masuk kelompok motor sama dengan Eky saya juga nggak tahu."

Baca Juga: Jalani Pemeriksaan Kasus Vina Cirebon soal Chat dengan Pegi, Nurul Iman: Ketemu Cuma Mancing


 



Sumber : Tribunnews, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x