Kompas TV nasional politik

Eks Relawan Timnas AMIN Jalin Komunikasi dengan PDI-P, Usul Anies DIcalonkan di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 22:31 WIB
eks-relawan-timnas-amin-jalin-komunikasi-dengan-pdi-p-usul-anies-dicalonkan-di-pilkada-jakarta
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara dengan wartawan usai melaksanakan salat Iduladha di Jakarta, Senin (17/6/2024). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan relawan Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Iwan Tarigan menyebut tiga parpol Koalisi Perubahan, NasDem, PKB, dan PKS kemungkinan besar mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Iwan mengklaim PDI-P kemungkinan akan bergabung mengusung Anies.

"Walaupun nanti apa saja bisa terjadi, tetapi sampai hari ini yang kemungkinan besar adalah tiga partai itu (NasDem, PKB, PKS) plus PDIP. Kalau kita lihat roman-romannya, pola-polanya, kemungkinan besar dengan PDIP," kata Iwan dalam program "Kompas Petang" Kompas TV, Senin (17/6/2024).

Baca Juga: Kata Ganjar soal DPD PDI-P Usulkan Anies Baswedan Diusung Jadi Cagub Jakarta 2024

Iwan mengaku barisan relawan yang dulunya tergabung dalam Timnas AMIN sudah bergerak untuk mendukung Anies.

Bahkan, ia mengatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto sehubungan pencalonan Anies.

"Tentunya kita menyampaikan keinginan bawah, bahwa relawan juga ingin PDI-P bergabung mendukung Pak Anies. Karena bagaimana pun Pak Anies itu kan pilihan yang sangat realistis, punya prestasi, dan juga sangat mengutamakan rakyat kecil," katanya.

Sementara itu, Direktur Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana menyatakan, PKS dan PDI-P belum final mendukung Anies di Pilkada Jakarta 2024.

Kendati sudah diusulkan oleh DPD, Aditya menyoroti peran DPP partai yang signifikan dalam menentukan bakal calon kepala daerah.

Di lain sisi, Aditya menilai Anies telah menunjukkan kesiapannya untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta kembali. 

"Saya pikir PDI-P belum commit, saya pikir semuanya sedang bernegosiasi untuk mendapatkan posisi atau dukung-mendukungnya itu dalam posisi seperti apa," kata Aditya.

"Kalau saya melihat sinyal yang paling kelihatan dari Pak Anies, ketika dia sudah mulai keliling, blusukan, segala macam itu sinyal yang jelas bahwa beliau sudah siap dicalonkan menjadi calon gubernur," imbuhnya.

Setelah gagal di Pilpres 2024, Anies Baswedan menjadi salah satu nama utama yang masuk ke bursa Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, DPD PDI-P DKI Jakarta dikabarkan mengusulkan Anies Baswedan sebagai salah satu nama bakal calon gubernur Jakarta ke DPP PDI-P.

Pendaftaran calon dalam pilkada serentak baru bisa dilakukan pada Agustus 2024 mendatang.

Selain Anies, nama-nama yang masuk dalam bursa calon gubernur Jakarta adalah Ridwan Kamil dan Kaesang Pangarep.

Baca Juga: Ahok Benarkan Ada Nama Anies Baswedan Diusulkan DPD PDI-P untuk Pilkada Jakarta 2024



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x