Kompas TV nasional peristiwa

TNI AD Siapkan Personel dan Alutsista untuk Dikirim ke Gaza

Kompas.tv - 22 Juni 2024, 18:05 WIB
tni-ad-siapkan-personel-dan-alutsista-untuk-dikirim-ke-gaza
Kadispenad Brigjen Kristomei Sianturi dalam Kompas Petang, Kompas TV, Sabtu (13/4/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) akan menyiapkan personel dan alat utama sistem senjata (alutsista) untuk dikirim ke Gaza guna memenuhi kebutuhan misi perdamaian.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Kristomei Sianturi di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

Ia menyebut pihaknya menyiapkan pasukan untuk memenuhi kebutuhan Mabes TNI dalam misi perdamaian di Gaza.

"Mabes akan meminta dari setiap mabes angkatan, apa yang dikirimkan. Di situlah kami akan menyesuaikan apa yang dibutuhkan," kata dia, dikutip Antara.

Baca Juga: Tinjau Rumah Sakit Lapangan, Panglima TNI Inspeksi Kesiapan Misi Ke Gaza

Pihaknya, lanjut Kadispenad, sudah menyiapkan pasukan untuk memenuhi kebutuhan di Gaza seperti pasukan medis, pasukan untuk membangun infrastruktur, dan pasukan pengamanan.

Mengenai alutsista yang disiapkan, Kristomei tidak memerinci berapa alutsista dan pasukan TNI AD tersebut.

"Intinya Pemerintah menyatakan siap membantu. Maka, kami pastikan kami siap, tinggal tunggu perintah dari Mabes TNI," tambahnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sudah menyiapkan 1.394 personel pasukan perdamaian untuk melaksanakan misi perdamaian di Gaza.

Nantinya personel tersebut akan bertugas di bidang pengamanan, pembangunan fasilitas umum, hingga tenaga medis.

Baca Juga: Panglima TNI Buka Peluang Masyarakat Sipil Gabung dengan Pasukan Perdamaian di Gaza

Pihak TNI juga telah menyiapkan bantuan lanjutan untuk dikirimkan ke Gaza berupa KRI yang akan menjadi rumah sakit apung, alutsista tambahan, hingga bantuan logistik.

Bantuan tersebut, kata Agus, akan dikirimkan jika gencatan senjata telah terjadi di Gaza dan pihak TNI mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x