Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca 27 Juni 2024, 16 Provinsi Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 06:15 WIB
prakiraan-cuaca-27-juni-2024-16-provinsi-berpotensi-diguyur-hujan-lebat-disertai-petir
Warga berjalan di tengah hujan di Jakarta. BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang berpotensi melanda 16 provinsi pada 27 Juni 2024. (Sumber: Antara/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini terkait terpantaunya bibit siklon tropis 95W di Laut Filipina.

Fenomena ini berpotensi mempengaruhi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia. Sebanyak 16 provinsi berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sebagaimana dikutip dari situs BMKG, bibit siklon tropis 95W saat ini berada di Laut Filipina dengan tekanan 1009 hPa dan kecepatan angin maksimum 20 knots.

Sistem ini bergerak ke arah Barat Laut, namun berpotensi berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan, masih tergolong rendah.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Dini, 15 Wilayah Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 26-27 Juni 2024.

Keberadaan bibit siklon tropis 95W, ditambah dengan berbagai fenomena cuaca lainnya, berpotensi mempengaruhi kondisi cuaca di berbagai wilayah Indonesia.

Kondisi-kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah yang terdampak.

Meskipun bibit siklon tropis 95W saat ini masih memiliki potensi rendah untuk berkembang menjadi siklon tropis, dampaknya terhadap cuaca di Indonesia tetap perlu diwaspadai.

Menghadapi potensi cuaca ekstrem ini, masyarakat di wilayah-wilayah yang disebutkan diharapkan untuk menghindari beraktivitas di luar rumah saat cuaca buruk, terutama saat terjadi hujan lebat disertai petir.

Bagi nelayan dan pelaut, disarankan untuk memperhatikan peringatan cuaca sebelum melaut dan menghindari berlayar jika kondisi cuaca tidak memungkinkan.

Baca Juga: Gelombang Panas Ekstrem di Asia dan Timur Tengah Dipicu Perubahan Iklim yang Disebabkan Manusia

BMKG telah mengidentifikasi 16 provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Kamis (27/6/2024), yaitu:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Riau
  4. Lampung
  5. Jawa Barat
  6. Jawa Timur
  7. Kalimantan Barat
  8. Kalimantan Utara
  9. Kalimantan Timur
  10. Sulawesi Utara
  11. Gorontalo
  12. Sulawesi Tengah
  13. Maluku Utara
  14. Maluku
  15. Papua Barat
  16. Papua

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x