Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Bakal Upacara HUT ke-79 RI di IKN Bareng Jokowi

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 14:04 WIB
prabowo-bakal-upacara-hut-ke-79-ri-di-ikn-bareng-jokowi
Ilustrasi IKN. (Sumber: Antara )
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto, akan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 mendatang. Informasi ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, Jumat (28/6/2024).

"Insyaallah Pak Prabowo (upacara 17 Agustus) ke IKN," ujar Muzani dikutip dari Kompas.com.

Ia menambahkan bahwa Prabowo akan mengikuti upacara tersebut bersama Presiden Joko Widodo.

Muzani, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), menyatakan bahwa pimpinan MPR juga akan hadir dalam upacara di IKN.

Namun, ia menegaskan bahwa pelantikan Prabowo sebagai presiden akan tetap diselenggarakan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Komisi I DPR Heran ke Menkominfo Budi Arie soal PDN Diretas: Bapak Bersyukur di Tengah Serangan

"Pokoknya pelantikan di Senayan, upacara di IKN," kata Muzani.

Sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan telah mengumumkan bahwa upacara peringatan HUT ke-79 RI tingkat pusat akan digelar di dua lokasi, yaitu Istana Merdeka Jakarta dan IKN.

Presiden Joko Widodo akan memimpin upacara di IKN, sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta. Jokowi menjelaskan alasan di balik keputusan ini.

"Ya ini kan masa transisi ya, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Jokowi.

Baca Juga: Isi Obrolan Presiden Jokowi dengan Pimpinan MPR Ahmad Basarah hingga Bambang Soesatyo di Istana

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menambahkan bahwa upacara di tahun-tahun mendatang kemungkinan akan diselenggarakan hanya di IKN setelah dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpindahan ibu kota dan terpenuhinya sarana prasarana yang memadai.

"Jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan. Nah nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan (ibu kota), baru nanti di IKN saja," kata Jokowi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x