Kompas TV nasional rumah pemilu

Respons PKB soal Duet Anies-Sohibul Iman di Pilkada: Jakarta Butuh Pemimpin yang Plural

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 15:05 WIB
respons-pkb-soal-duet-anies-sohibul-iman-di-pilkada-jakarta-butuh-pemimpin-yang-plural
Asisten Pelatih Timnas AMIN sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (Sumber: Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut Jakarta membutuhkan pemimpin yang plural.

Hal tersebut ia sampaikan menanggapi pengusungan duet Anies Baswedan-Sohibul Iman oleh PKS sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024. 

"Kami hargai sikap PKS yang sudah mengunci, tetapi yang diperlukan Jakarta adalah kepemimpinan yang plural, kepemimpinan yang mempersatukan, kepemimpinan yang beragam. Selama ini, Pak Anies sudah identik dengan PKS," kata Jazilul di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024). 

Ia mengatakan, partainya tak ingin terburu-buru dalam mengambil sikap terkait pesta demokrasi yang berlangsung pada 27 November mendatang.

Sebab, perlu pertimbangan matang seperti melihat terlebih dahulu dinamika yang ada di Jakarta, maupun politik nasional.

Baca Juga: Pilkada DKI Jakarta Diprediksi Hanya 2 Pasang Calon, Baru Anies yang Siap Maju

"Justru itu, kita proses dengan melihat dinamika yang ada di DKI ataupun dinamika politik nasional, karena Pilkada DKI pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional," ujarnya.

Meski begitu, Jazilul menuturkan, tidak tertutup kemungkinan jika memang nantinya PKB mengusung pasangan Anies-Sohibul. Menurut dia, segala kemungkinan dalam politik bisa terjadi.

"Yang namanya kemungkinan serba terbuka di politik, tetapi yang jelas PKB berharap semua dibahas bersama-sama," ucapnya.

"Kita tidak mem-bypass satu dengan yang lain. Kita berharap koalisi lebih besar karena PKB dengan PKS masih kecil." 

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan pihaknya telah memutuskan mengusung pasangan Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta 2024. 

Syaikhu menjelaskan, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan masukan dari kader-kader PKS di DKI Jakarta.

Baca Juga: Masihkah PDIP Tertarik Mengusung Anies Setelah Dipinang PKS?

"Pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan, memenangkannya," kata Syaikhu di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (25/6/2024). 

Menurut Syaikhu, keduanya memiliki rekam jejak yang baik selama berkarir di dunia politik.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x