Kompas TV nasional politik

Puan Maharani Sebut Andika Salah Satu Calon Kandidat di Pilkada Jakarta 2024

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 18:48 WIB
puan-maharani-sebut-andika-salah-satu-calon-kandidat-di-pilkada-jakarta-2024
Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat membacakan sikap politik sebagai hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). (Sumber: PDIP via ANTARA)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani  menyebut mantan Panglima TNI Andika Perkasa merupakan sosok yang masuk sebagai salah satu calon di Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan Puan tersebut ia sampaikan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

"(Andika) Menjadi salah satu nama yang kemudian kita coba untuk masukkan dalam salah satu calon (pada Pilkada Jakarta)," ucapnya, dikutip Kompas.com.

Meski demikian, ia mengakui bahwa Andika bukan satu-satunya kandidat yang dipertimbangkan oleh PDIP.

Menurut Puan yang juga Ketua DPR tersebut, semua nama yang masuk radar ikut dipertimbangkan.

Baca Juga: PDIP Jaring Sejumlah Nama Prioritas untuk Pilgub Jakarta, Pertama Andika Perkasa

Namun, Puan tidak menyebut secara rinci tokoh-tokoh yang ia maksud. Ia hanya mengatakan, nama-nama itu dibahas dalam komunikasi dengan sejumlah partai politik.

"Semua nama masuk dalam radar PDI Perjuangan untuk kemudian kita cek dulu bagaimana penerimaannya di lapangan, apakah kemudian bisa diterima partai lain, tentu saja, komunikasi tetap kita upayakan dengan semua partai yang ada," bebernya.

PDIP, lanjut Puan, juga telah menugaskan sejumlah elitenya untuk berkomunikasi dengan partai politik lain untuk membahas pilkada.

Salah satunya adalah Ketua DPP Said Abdullah yang sudah bertemu Ketua Umum Partai kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Sebelumnya, pada Senin (1/7/2024), Said Abdullah menyebut PDIP prioritaskan Andika Perkasa untuk menjadi calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Di Pilkada Jateng PDI-P Dorong Kader Sendiri, Ada Andika Perkasa hingga Hendi

"Yang pertama adalah di internal mulai diinventarisir nama-nama prioritas pertama Pak Andika memang untuk calon gubernur DKI," ujarya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Selain Andika, Said juga menyebut nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x