Kompas TV nasional politik

PPP Tak Mau Dorong Sandiaga Maju Pilkada jika Hanya Jadi Korban: Kita Ingin Menang

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 21:17 WIB
ppp-tak-mau-dorong-sandiaga-maju-pilkada-jika-hanya-jadi-korban-kita-ingin-menang
Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sekaligus Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Sandiaga Uno, Rabu (14/2/2024). (Sumber: Kompas TV/BONGGA WANGGA)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mau mendorong kadernya Sandiaga Uno untuk bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) jika hanya untuk menjadi korban.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara, menanggapi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ingin mengusung Sandiaga Uno sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat.

Menurutnya, PPP sangat senang jika kadernya punya peluang untuk diusung partai politik lain sebagai calon kepala daerah.

"Harus ada kesamaan pandang dari partai-partai yang ada, kalau misalnya PKB mengusung Sandi di Jawa Barat kita apresiasi, kita akan lihat, kalau ada peluang tentu PPP akan sangat senang misal kader kita diusung begitu," kata Amir di DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: PKB Sebut Ada Aspirasi Usung Sandiaga Uno di Pilkada Jabar, tapi Rumit Cari Koalisi dan Pasangannya

Namun, kata dia, hingga kini pihaknya masih melihat peluang untuk Sandiaga maju sebagai calon gubernur.

Menurutnya, selain Jakarta dan Jawa Barat, PPP juga mendapatkan tawaran untuk mendorong Sandiaga maju pada Pilkada Jawa Timur.

"Kita lagi lihat peluang di mana. Enggak mungkin juga kita dorong Pak Sandi hanya untuk jadi korban, kita mau yang kita dorong itu bisa menang di Pilkada," tuturnya, dikutip Kompas.com.

Jika peluang untuk menang tersebut sudah terlihat, kata dia, PPP akan membangun komunikasi politik di wilayah spesifik.

"Kalau misalnya ada potensi di DKI, ya kita akan bangun komunikasi politik dengan partai lain untuk mendorong. Di Jawa Barat juga lagi ada yang minta, kita jalan komunikasikan itu. Sekali lagi, peluang yang kita lihat," tegasnya.

Sebelumnya, pada Selasa (2/7/2024), Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut Sandiaga masuk bursa calon gubernur Jawa Barat yang akan diusung oleh PKB.

Nama Sandiaga muncul karena aspirasi sejumlah kelompok masyarakat di Jabar.

Baca Juga: PKB Belum Berniat Dekati Sandiaga untuk Pilkada Jawa Timur, Masih Bekerja untuk Kiai Marzuki

“Untuk Jawa Barat, PKB sudah mencari kader internal yang kemungkinan diusulkan bisa maju, seperti Pak Cucun, Pak Huda,” ujar Jazilul di Kantor DPP PKB, Senen, Jakarta.

“Tapi ada aspirasi juga seperti dari sebagian masyarakat Jawa Barat dan juga kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno jadi calon gubernur Jawa Barat,” tambahnya.

Meski demikian, ia mengaku pihaknya masih akan menjajaki wacana itu lebih lanjut.

Karena PKB mesti berkoalisi untuk dapat mencalonkan gubernur dan wakil gubernur di Jawa Barat.

"Karena apapun pilkada ini salah satu tingkat kerumitan pertama adalah mencari partai koalisi, yang kedua mencari pasangannya,” kata Jazilul.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x