Kompas TV nasional peristiwa

PSI soal Puan Pertimbangkan Kaesang di Pilkada Jateng: Ini Jadi Sebuah Titik Rekonsiliasi

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 12:06 WIB
psi-soal-puan-pertimbangkan-kaesang-di-pilkada-jateng-ini-jadi-sebuah-titik-rekonsiliasi
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku bergembira karena Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani mempertimbangkan nama Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jawa Tengah 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Cheryl Tanzil dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Kamis (4/7/2024).

“Yang jelas pernyataan Mbak Puan ini sangat menggembirakan untuk PSI, kita sangat mengapresiasi apalagi keluar dari seorang tokoh sekelas Puan Maharani, beliau adalah politisi senior, juga salah satu penentu di partainya begitu ya,” kata Cheryl.

“Jadi ini merupakan kabar gembira untuk kita, kita juga sangat apresiasi untuk PDI-P sebagai partai besar, partai senior dan ini saya melihat gini, ini mungkin menjadi sebuah titik rekonsiliasi ya, karena mungkin banyak pihak yang berasumsi bahwa selama ini kan PDIP dan PSI tidak terlalu sejalan begitu, tetapi pernyataan Mbak Puan ini yang menunjukkan kedewasaan politik dan menunjukkan kelasnya Mbak Puan sebagai politisi itu dia melihat secara komprehensif.”

Baca Juga: LSI Sebut Dukungan Pemilih PDIP di Pilkada Jateng Terpecah pada 3 Nama: Luthfi, Kaesang, dan Bambang

Terlepas dari adanya pertimbangan dari PDIP untuk Kaesang, Cheryl menuturkan DPP PSI baru akan memberikan sikap terkait Pilkada pada Agustus 2024. Saat ini, lanjut Cheryl, PSI mencoba membangun komunikasi antar partai politik.

“Sekjen PSI Raja Juli Antoni sudah menyatakan, ini kita tunggu bulan Agustus, karena dinamika politik ini kan masih terus terjadi ya, kita juga masih melihat bagaimana chemistry antara PSI calon yang mana, dan juga partai-partai lain yang kiranya mau mengusung dan juga kira-kira mau dipasangkan dengan siapa,” ucap Cheryl

“Jadi masih sangat cair ya, kita masih melihat komunikasi antar lintas partai dan juga masih menengok bagaimana sih basis konstituen PSI ini kira-kira aspirasinya seperti apa.”

Lantas terkait hasil survei LSI yang menunjukkan nama Kaesang Pangarep unggul untuk Pilkada Jakarta, Cheryl menyampaikan hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi langkah politik PSI ke depan.

Baca Juga: Mantan Penyidik KPK Nilai Alex Marwata Aneh: Ngaku Gagal Berantas Korupsi, tapi Belum Mundur

“Tentunya survei LSI ini menjadi pertimbangan untuk kami juga, karena memang sampai saat ini banyak sekali dari akar rumput PSI yang datang ke DPP, tiap hari itu mereka berusaha membujuk, mendorong, agar Mas Kaesang ini mau maju dalam pilkada,” ujar Cheryl.


“Tapi apakah Mas Kaesang mau berlaga atau tidak, meramaikan atau tidak, sampai saat ini PSI masih menghitung, kita masih menghitung- menghitung lah, kira-kira dukungan dari partai-partai mana saja, karena tentunya untuk maju Pilkada itu tidak mungkin hanya PSI sendiri.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x