Kompas TV nasional politik

Sandiaga Masuk Radar PKB di Pilkada Jabar, PDIP Masih Jaring Usulan Masyarakat

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 19:54 WIB
sandiaga-masuk-radar-pkb-di-pilkada-jabar-pdip-masih-jaring-usulan-masyarakat
Politikus PDI Perjuangan atau PDIP Aria Bima di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) fokus menjaring nama-nama usulan masyarakat untuk dicalonkan sebagai calon gubernur pada Pilkada Serentak 2024.

Penjelasan itu disampaikan Politikus PDI Perjuangan, Aria Bima di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Aria menjelaskan, hal itu merespons munculnya nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam bursa Calon Gubernur Jawa Barat.

"Nah kenapa ada penjaringan oleh PDI Perjuangan? Dijaring. Dijaring ini kan mau dapat ikan tongkol, ikan wader atau ikan gurame kan dapatnya apa, tapi kan semua dari rakyat," kata Aria Bima, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: PPP Soal Komunikasi dengan PKB Terkait Dorong Sandiaga Uno Maju Pilkada

PDIP, lanjut dia, ingin mengetahui kriteria pemimpin yang diidamkan oleh masyarakat di masing-masing wilayah.

"Jadi kalau ada muncul nama Pak Sandi, ada nama kemudian Pak Andika Perkasa, ya itu seperti disampaikan oleh Mas Pacul, akibat kriteria-kriteria yang diinginkan masyarakat Jawa Tengah, Jawa Barat," bebernya.

Dalam pengusungan kandidat calon yang sesuai dengan kehendak rakyat, kata Aria, PDIP siap menjalin kerja sama dengan partai politik lain.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu, apakah Sandiaga adalah sosok yang diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat untuk menjadi calon gubernur.

"PDI Perjuangan dalam hal ini, intinya terbuka terhadap semua partai politik dalam bekerja sama mengusung kandidat yang diinginkan masyarakat,” ucapnya.

“Supaya partisipasi besok itu betul-betul lahir dari masyarakat Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa melalui wakil ketua umumnya Jazilul Fawaid mengatakan, partainya tengah melirik Sandiaga Uno untuk dicalonkan pada Pilkada Jawa Barat.

Baca Juga: Digadang-gadang Maju Pilkada 2024, Sandiaga Uno: Masih Tunggu Surat Tugas dari PPP

"Untuk Jawa Barat PKB sudah mencari kader internal yang kemungkinan diusulkan bisa maju, seperti Pak Cucun, Pak Huda,” ujar Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

“Tapi ada aspirasi juga seperti dari sebagian masyarakat Jawa Barat dan juga kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno jadi calon gubernur Jawa Barat," ujar dia.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x