Kompas TV nasional humaniora

Siapa Angga Raka Prabowo? Wakil Menkominfo Baru yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 09:51 WIB
siapa-angga-raka-prabowo-wakil-menkominfo-baru-yang-dilantik-jokowi-hari-ini
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Angga Raka Prabowo saat dilantik Presiden Joko Widodo, Senin (19/8/2024) di Istana Negara. (Sumber: Setpres)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo resmi melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) pada Senin (19/8/2024). Angga merupakan politikus muda dari Partai Gerindra.

Angga Raka Prabowo adalah pria kelahiran Jakarta pada 8 September 1989, memiliki latar belakang di dunia politik sebagai Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Presiden 2024.

Di Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, Angga juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal.

Dengan usia 36 tahun, Angga dianggap sebagai tokoh muda yang energik dalam politik nasional. Namun, ia belum memiliki pengalaman di pemerintahan sebelum dilantik menjadi Wamenkominfo.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi menyebut bahwa Angga akan sangat membantu dalam menyelesaikan beberapa isu penting dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Mengenang Janji Jokowi pada 2014 soal Jatah Menteri: Bukan Kabinet Politik, Kabinet Kerja

“Angga akan menjadi bagian penting dalam membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika menuntaskan sejumlah hal prioritas yang memerlukan perhatian segera,” ujar Budi Arie dikutip dari Kompas TV.

Beberapa tugas yang sudah menanti Angga termasuk pengesahan aturan turunan dan pembentukan kelembagaan untuk pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Selain itu, ia juga akan berperan dalam percepatan pemberantasan judi online, memperbaiki arsitektur dan tata kelola data nasional, serta memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk meningkatkan pelayanan publik.

Pelantikan Angga sebagai Wamenkominfo adalah bagian dari reshuffle kabinet yang dilakukan oleh Presiden Jokowi menjelang akhir masa jabatannya.

Total ada tujuh pejabat baru yang dilantik dalam reshuffle ini, termasuk menteri, wakil menteri, dan beberapa kepala badan. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara pada pukul 09.30 WIB.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, sebelumnya mengonfirmasi kabar tersebut dan memberikan informasi tentang siapa saja pejabat yang akan dilantik.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Kabinet, Sufmi Dasco: Supaya Pemerintahan Baru Berjalan Langsung Efektif

"Pelantikan tujuh pejabat baru itu akan digelar pada Senin sekitar pukul 09.30 WIB," ujar Ari.


Ari juga memberikan petunjuk bahwa pejabat yang dilantik hari ini mencakup Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tambahan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x