Kompas TV nasional politik

Anggota Pansus Haji DPR: Menag Yaqut Tak Pernah Kirim Surat ketika Tidak Datang Rapat

Kompas.tv - 24 September 2024, 14:03 WIB
anggota-pansus-haji-dpr-menag-yaqut-tak-pernah-kirim-surat-ketika-tidak-datang-rapat
Menag Yaqut Cholil Qoumas menilai penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M berjalan dengan baik dan lancar. Menag memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sejumlah inovasi yang telah diinisiasi Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. (Sumber: Kementerian Agama RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Panitia Khusus (Pansus) Haji DPR RI, Marwan Jafar menyesalkan sikap Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang tak pernah memenuhi panggilan pansus sebanyak tiga kali.

Lalu, kata Marwan, Menag Yaqut pun tidak mengirimkan surat ke parlemen terkait alasannya yang selalu mangkir ketika dipanggil legislatif. 

"Ketika Menteri Agama diundang tiga kali, tapi tetap mangkir, tidak datang dan tidak ada. Makanya kita cek kemarin ke sekretariat, tidak ada surat yang mengatakan tidak hadir dengan alasan apa pun," kata Marwan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Menurut dia, bila ketidakhadiran Menag Yaqut karena sedang tugas di luar negeri, seharusnya itu bisa diwakilkan oleh pejabat lainnya.

Sebab, sengkarut masalah penyelenggaraan haji membutuhkan penjelasan dari yang bersangkutan. 

Baca Juga: Pansus Haji DPR Akan Serahkan Rekomendasi ke Rapat Paripurna pada 26 September

"Iya tugas negaranya apa? Kalau tugas negaranya nonton Fashion Week Halal, dan itu kita kutip dari laman Kemenag loh dan dari media dan yang ngasih penjelasan dari Kemenag sendiri loh. Kalau di Italia nonton Fashion Week Halal itu ya, nonton peragaan busana gitu kan. Masak nonton peragaan busana, ditinggal yang lebih penting ini," ujarnya. 

Politikus PKB itu menyebut, seharusnya Menag Yaqut bisa memprioritaskan pemanggilan Pansus Haji DPR. 

"Kalau soal penandatanganan MOU Agreement itu kan bisa wamen berangkat. Kan bisa diwakilkan oleh dirjennya juga, bisa diwakilkan. Ya pemerintahan kan begitu kan, tidak harus semua itu menteri, kadang-kadang didelegasikan juga banyak," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menjelaskan, alasan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tak hadir dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR RI pada Senin (23/9/2024). 

Saiful menyebut, Menag Yaqut sedang berada di Prancis untuk mewakili Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Baca Juga: Menag Yaqut Kembali Absen Pansus Haji, DPR: Akan Lapor Presiden

"Kami sampaikan permohonan maaf karena memang bapak menteri sedang menjalankan tugas yang diberikan. Hari ini sedang ada di Prancis dalam menjalankan tugas mewakili presiden pada acara international meeting for peace di Paris," kata Saiful dalam raker bersama Komisi VIII DPR RI di gedung DPR, Jakarta, Senin (23/9/2024).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x