Kompas TV olahraga kompas sport

Dean Smith Dipecat Aston Vila, Pelatih Timnas Denmark Difavoritkan Jadi Suksesor

Kompas.tv - 8 November 2021, 02:05 WIB
dean-smith-dipecat-aston-vila-pelatih-timnas-denmark-difavoritkan-jadi-suksesor
Pelatih Aston Villa Dean Smith. Dean Smith dipecat Aston Villa pada 7 November 2021. (Sumber: Laman resmi Aston Villa)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

BIRMINGHAM, KOMPAS.TV - Klub Liga Inggris, Aston Villa, mengumumkan telah memecat pelatih Dean Smith pada Minggu (7/11/2021). Pelatih asal Inggris itu dipecat usai The Villans menderita sederet hasil negatif.

Pada Jumat (5/11) lalu, Aston Villa kalah dari Southampton. Ini merupakan kekalahan kelima beruntun Ollie Watkins dan kawan-kawan di Liga Inggris.

Sederet hasil negatif membuat Aston Villa turun ke peringkat 17 klasemen sementara, hanya unggul dua poin dari zona degradasi.

“Tahun ini kami tidak melihat peningkatan berkelanjutan dalam hasil, performa liga yang kami semua inginkan,” kata CEO Aston Villa Christian Purslow dikutip BBC.

“Atas alasan ini, kami memutuskan untuk membuat perubahan dengan memberi waktu kepada pelatih kepala baru untuk menimbulkan impak,” imbuhnya.

Baca Juga: Jika Ingin Meningkat, Man Utd Harus Pecat Solskjaer

Pihak klub menyatakan bahwa pencarian pelatih baru telah berlangsung. Namun, mereka mengaku tidak ingin terburu-buru menunjuk pelatih anyar.

Meskipun demikian, Aston Villa diketahui telah mengantongi nama suksesor Dean Smith. Dia adalah pelatih Timnas Denmark Kasper Hjulmand.

Hjulmand sukses membawa Tim Dinamit Denmark melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 lalu. Sosok Hjulmand juga dikagumi oleh direktur olahraga Aston Villa yang juga berkebangsaan Denmark, Johan Lange.

Selain Hjulmand, Aston Villa dilaporlan mempertimbangkan sejumlah kandidat lain.

Dean Smith menjadi pelatih kelima yang dipecat di Liga Inggris musim ini. Pelatih berusia 50 tahun itu dipecat setelah 11 pertandingan Liga Inggris 2021/22.

Smith sendiri berjasa mempromosikan Aston Villa ke Premier League pada musim pertamanya.

Sang pelatih sukses membawa anak asuhnya melaju ke final Piala Liga 2019/20. Pada 2020/21, The Villans pun sukses mencapai peringkat 11 di klasemen akhir Liga Inggris.

Akan tetapi, pada musim ini, anak asuh Smith baru meraih 10 poin dari 11 pertandingan awal.

Dean Smith terakhir menang di Liga Inggris ketika menghadapi Manchester United pada 25 September silam.

Baca Juga: Nuno Espirito Santo Dipecat Tottenham Hotspur



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x