Kompas TV olahraga kompas sport

Ganjar Puji Penampilan Gemilang Pratama Arhan di Piala AFF: Cah Mblora, Ingat Perjuangan Ibumu

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 19:36 WIB
ganjar-puji-penampilan-gemilang-pratama-arhan-di-piala-aff-cah-mblora-ingat-perjuangan-ibumu
Pratama Arhan menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang menjadi bintang saat mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di pertandingan penyisihan grup Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). Pemain asal Blora, Jawa Tengah itu juga ikut menyumbangkan satu dari empat gol kemenangan Indonesia atas Singapura pada leg kedua semifinal, Sabtu malam (25/12). (Sumber: PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuji penampilan gemilang Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala AFF 2020, khususnya salah seorang pemain Pratama Arhan. 

Arhan yang juga pemain PSIS Semarang tersebut ikut andil mencetak satu dari empat gol kemenangan Indonesia atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu malam (25/12/2021) yang membuat Indonesia lolos ke final.

"Pratama Arhan, Cah Mblora yang golnya berperan penting dalam lolosnya timnas Indonesia ke semifinal dan Final Piala AFF 2021. Jateng bangga padamu Han..," tulis Ganjar dalam akun Instagram @ganjar_pranowo, Minggu (26/12).

Selain memuji penampilan gemilang Pratama Arhan, Ganjar juga menyoroti peran dari ibu kandung pemain tersebut. Menurut Ganjar, ibunda  Arhan sudah berjuang sangat keras untuk mencukupi kebutuhan sepak bola anaknya itu.

"Tapi temen-temen, di balik Arhan ada satu sosok yang lebih penting. Dialah Bu Surati. Ibunda Arhan," tulis Ganjar lagi.

Baca Juga: Piala AFF: Sebelum Final, Timnas Indonesia Wajib Perbaiki Cara Antisipasi Set Piece Lawan!

"Perempuan 44 tahun yang berjuang dengan peluh di sawah, bertani dan berjualan sayur demi menyokong cita-cita Arhan," tulis Ganjar dikutip KOMPAS.TV.

Ganjar menjelaskan Bu Surati pernah harus berhutang untuk membelikan sepatu Arhan.

"Bahkan Bu Surati pernah berhutang demi membelikan sepatu Arhan. Hingga akhirnya Arhan masuk PSIS Semarang dan dipanggil Timnas. Terimakasih Bu Surati, sehat selalu," tambah Ganjar.

Profil Pratama Arhan

Pratama Arhan yang baru berusia 20 tahun ini mengawali karier sepak bola saat bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Mustika Blora.

Lalu melanjutkan kiprahnya dengan bergabung ke Akademi Terang Bangsa Semarang, BJL Semarang, serta PSIS Semarang U-18.

Permainannya yang kian meningkat membuat Pratama Arhan mulai dipercaya masuk skuat PSIS Semarang U-20 sebagai bek kiri.

Pratama bahkan menjadi pemain muda terbaik Liga Menpora setelah berhasil mengalahkan Saddam Gaffar dari PSS Sleman dan ALif Jaelani dari Barito Putera.

Di awal tahun lalu, Pratama mengikuti seleksi Timnas U-19 yang dipmpin Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Karena tekniknya yang bagus, pemuda asal Blora, Jawa Tengah ini berhasil lolos seleksi bersama 27 pemain lainnya.

Kini, Arhan berhasil masuk ke dalam pemain inti Timnas Indonesia sebagai bek kiri di Piala AFF 2020.

Namanya pun semakin dikenal setelah membuat gol spektakuler kala melawan Malaysia pada laga terakhir penyisihan grup Piala AFF 2020, Minggu 19 Desember 2021.

Baca Juga: Lolos ke Final Piala AFF, Pandit Vietnam Nilai Taktik Timnas Indonesia Tidak Istimewa



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x