Kompas TV olahraga kompas sport

Suporter Wanita Timnas Iran Dilarang Nonton Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 02:05 WIB
suporter-wanita-timnas-iran-dilarang-nonton-pertandingan-kualifikasi-piala-dunia-2022-di-stadion
Kiper Timnas Iran, Amir Abed Zahed, menggendong Saman Ghoddoos saat merayakan kelolosan ke Piala Dunia 2022. (Sumber: Ap Photo/Vahid Salemi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

TEHERAN, KOMPAS.TV - Suporter wanita Timnas Iran, Selasa (29/3/2022), dilarang menonton pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 terakhir negara itu melawan Lebanon di stadion.

Kantor berita ISNA dikutip dari Associated Press mengatakan, 12.500 tiket telah laku dijual secara online dan 2.000 di antaranya dipesan untuk wanita. 

Namun dalam laga pada Selasa yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Iran atas Lebanon, para wanita dilarang untuk hadir ke stadion.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan ratusan penggemar sepak bola wanita meneriakkan "kami memiliki keberatan" sebagai tanggapan atas keputusan untuk melarang mereka menghadiri pertandingan. 

Akan tetapi, tidak jelas siapa yang membuat keputusan untuk melarang para wanita menghadiri pertandingan tersebut.

Media lain, Khabaronline juga melaporkan hal serupa bahwa “meskipun tiket dijual, wanita masih tidak diizinkan untuk menghadiri stadion.”

FIFA telah lama menuntut Iran memberikan jaminan bahwa perempuan akan diizinkan untuk menghadiri kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022: Timnas Iran Paling Anyar

Wanita dilarang untuk menghadiri pertandingan pria dan acara olahraga lainnya di Iran sejak terjadinya revolusi Islam pada tahun 1979.

Ahmad Alamolhoda, salah seorang imam di Masyhad, yang ditunjuk oleh pemimpin tertinggi negara itu Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan, dia selalu menentang kehadiran wanita sebagai penonton dalam kompetisi olahraga pria. Dia menyebut kehadiran mereka sebagai "vulgaritas."

Kapten Iran, Alireza Jahanbakhsh, dalam wawancara pasca-pertandingan, mengatakan akan menyenangkan melihat wanita di stadion di masa depan karena mereka juga senang melihat tim nasional menang.

Pada Januari lalu, lebih dari 2.000 penonton wanita berada di Stadion Azadi di Teheran ketika tim nasional Iran mengalahkan Irak dengan dengan skor 1-0 untuk menjadi tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan tersebut menjadi laga sepak bola besar kedua yang ditonton wanita Iran di stadion.

Sebelumnya pada 2019 dan untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, laga final Liga Champions Asia dihadiri ratusan wanita Iran yang diizinkan menonton pertandingan antara Persepolis melawan Kashima Antlers di Teheran.

Baca Juga: Inilah Stadion Calon Venue Piala Dunia U-20 Indonesia 2023, Bersolek Sambut Perwakilan PSSI



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x