Kompas TV olahraga kompas sport

Marc Marquez Dapat Izin untuk Jalani Tes Ofisial MotoGP di Sirkuit Misano

Kompas.tv - 4 September 2022, 11:03 WIB
marc-marquez-dapat-izin-untuk-jalani-tes-ofisial-motogp-di-sirkuit-misano
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Austria 2021 di Red Bull Ring, Sabtu, 14 Agustus 2021. (Sumber: MOTOGP.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Marc Marquez mendapat izin dari tim medis untuk kembali mengendarai motornya. Rider tim Repsol Honda itu pun bisa menjalani tes ofisial MotoGP di Sirkuit Misano, San Marino.

Sebelum menjalani pemeriksaan medis di Misano, Marquez juga telah diizinkan berlatih di atas motor dan menjalani tes dengan Honda CBR600RR di Aragon pada 31 Agustus dan 2 September lalu.

"Fit! Cek medis selesai! Selasa depan saya akan kembali ke MotoGP di tes Misano," kata Marquez, Sabtu (3/9/2022), dikutip dari laman resmi MotoGP via Antara.

Pembalap Spanyol itu tiba di Misano pada Jumat (2/9/2022) sore setelah mendapatkan hasil tes yang positif terhadap cedera tulang humerus kanannya.

Marquez, juara dunia delapan kali, mengalami patah lengan kanan dalam GP Spanyol 2020 dan telah menjalani tiga kali operasi.

Dia memutuskan rehat dari kompetisi untuk pemulihan setelah GP Italia di Mugello pada Mei lalu.

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, berharap Marquez dapat mengendarai kembali RC213V di Misano untuk membantu pengembangan motor 2023.

Baca Juga: MotoGP San Marino 2022: Peluang Enea Bastianini untuk Membanggakan Pendukungnya

Puig mengatakan tes di Misano akan sangat penting untuk menentukan arah pengembangan purwarupa motor untuk tes Valencia dan apabila Marquez tak fit untuk Misano, maka Honda akan melaju "sedikit buta."

"Beberapa waktu lalu kami harus sedikit bergantung kepada Pol (Espargaro) dan kemudian kepada test rider. Tapi pastinya yang paling paham motor ini dari pengalamannya adalah Marc, ia sangat mengenal motor ini karena dia telah memenangi banyak balapan," kata Puig.

"Bukan karena pembalap lain tidak paham dengan motor ini, jangan salah paham, tentunya mereka mengerti, tapi satu yang sangat memahaminya adalah dia yang telah menang lebih banyak dengan motor itu dan mengetahuinya."

"Apabila dia (Marquez) tidak ada di sana (Misano), ini bukan jadi alasan, tapi membuat tugas kami sedikit lebih sulit," kata Puig.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming MotoGP San Marino 2022: Race Dimulai Pukul 19.00 WIB Malam Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x