Kompas TV olahraga motogp

MotoGP San Marino 2022: Kata Quartararo yang Tampil Kurang Optimal di Babak Kualifikasi

Kompas.tv - 4 September 2022, 11:05 WIB
motogp-san-marino-2022-kata-quartararo-yang-tampil-kurang-optimal-di-babak-kualifikasi
Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menjadi juara di MotoGP Belanda 2021. (Sumber: Twitter @MotoGP)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, tampil kurang optimal di kualifikasi MotoGP San Marino 2022.

Ia hanya mampu menempati posisi kedelapan di kualifikasi MotoGP San Marino 2022, Sirkuit Misano, Sabtu (3/9/2022) malam WIB.

Pada babak kualifikasi, hujan ringan turun di Misano. Usai kualifikasi, Quartararo mengatakan bahwa posisi kedelapan adalah hasil terbaik yang bisa dirinya capai dalam kondisi tersebut.

"Ini hasil maksimal yang bisa saya lakukan, tetapi saya kecewa. Dalam kondisi ini, saya tidak bisa melindas kerb di beberapa tikungan seperti Tikungan 6," kata Quartararo dilansir dari Motorsport, Sabtu (3/9).

Quartararo juga menyebut kurangnya tenaga pada motor Yamaha YZR-M1 miliknya. Situasi ini kemudian memengaruhi kecepatan pebalap berjuluk El Diablo tersebut saat kualifikasi.

Baca Juga: MotoGP San Marino 2022: Peluang Enea Bastianini untuk Membanggakan Pendukungnya

El Diablo bahkan harus menghindari kerb (garis di tepi lintasan) yang basah di beberapa tikungan.

"Saya benar-benar tidak bisa membawa kecepatan seperti yang seharusnya dilakukan dengan Yamaha dan kami tidak memiliki akselerasi," tuturnya.

"Pada dasarnya, Tikungan 6 hingga 7 tidak bagus. Di Tikungan 15, saya harus menggunakan kecepatan lebih lambat karena kami benar-benar tidak bisa melindas kerb." terangnya.

"Saya kecewa, tetapi selalu masalah yang sama. Saya mulai kurang bersenang-senang dari sebelumnya, jadi kami harus menemukan solusi untuk lebih cepat," tambahnya.

Hasil ini membuat Quartararo akan memulai balapan MotoGP San Marino dari baris ketiga atau posisi kedelapan.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming MotoGP San Marino 2022: Race Dimulai Pukul 19.00 WIB Malam Ini

Adapun pole position diraih oleh Jack Miller (Ducati Lenovo). Dua rider Ducati lainnya, Enea Bastianini (Gresini Racing) dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) melengkapi front row.

Sementara itu, Maverick Vinales (Aprilia) akan start dari posisi keempat. Lalu, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) memulai dari tempat kelima. Bagnaia yang merupakan salah satu rival terkuat Quartararo ini sejatinya finis kedua di kualifikasi.

Quartararo harus berjuang ekstra keras agar bisa menjaga momentum untuk mempertahankan gelar MotoGP.

Saat ini, El Diablo sendiri masih memuncaki klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 200 poin. Dia mengungguli pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, yang berada di posisi dua dengan selisih 32 poin.

Baca Juga: Link Live Streaming MotoGP Austria 2022: Enea Bastianini Pimpin Start Balapan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x