Kompas TV olahraga sepak bola

Seleksi Timnas U17, Erick Thohir: Tidak Ada Pemain Titipan, Ini Bukan Main-Main

Kompas.tv - 22 Juli 2023, 14:09 WIB
seleksi-timnas-u17-erick-thohir-tidak-ada-pemain-titipan-ini-bukan-main-main
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan persiapan Indonesia untuk Piala Dunia U17 di Jakarta, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

DEPOK, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan tidak ada pemain titipan dalam seleksi Timnas U17 yang sedang berlangsung di 12 kota.

Dia juga mengatakan pihaknya tidak ingin ada kesan eksklusif dalam proses seleksi. 

"Kita juga tidak mau terkesan ada eksklusivitas dan tidak ada pemain titipan. Memang ini seleksi benar-benar karena ketika kita ikut kejuaraan Piala Dunia U17, ini bukan main-main. Kita harus berikan tim yang terbaik," tutur Erick saat menghadiri seleksi Timnas U17 di Persija Training Ground, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023).

"Bapak Presiden juga kemarin bilang, kalau bisa naik juara. Tetapi kembali yang saya bilang SEA Games itu bisa juara karena pemainnya mau juara."

"Kita sebagai faktor pendukung yang harus memberikan persiapan maksimal apakah tadi uji coba dengan tim-tim bagus ataupun training center di luar negeri," lanjut Erick, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Asri Gunawan dan Djamzuri.

Baca Juga: Hasil Sidang Komdis PSSI 20 Juli: Persebaya, Persik dan Arema FC Didenda Rp25 Juta

Erick sebelumnya mengatakan Timnas U17 disiapkan tidak hanya untuk Piala Dunia U17 2023 yang akan digelar di Indonesia, tetapi juga untuk jangka panjang yaitu Piala Dunia U20 2025.

Karena itu, kata dia, selain tim yang saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Jakarta, PSSI juga akan memberi kesempatan kepada talenta-talenta di 12 kota dan sekitarnya. 

Team scouting yang dipimpin Indra Sjafri menyebutkan ada beberapa hal yang akan menjadi penilaian dalam seleksi Timnas U17 kali ini.

"Ada beberapa hal yang dilakukan dari kami sebagai team scouting dalam proses seleksi ini. Kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan untuk pemain tim nasional," ujar Indra, seperti dilansir laman resmi PSSI.

"Kami melihat baru visual, belum tes fisik, psikotes dan tes IQ. Proses ini hanya baru melihat bagaimana individual taktikal dia (peserta seleksi), grup taktikal dan bagaimana tim taktikalnya dia," imbuhnya.

Ia mengatakan pemain-pemain yang tidak memenuhi standar kualitas turnamen internasional, akan disalurkan ke akademi-akademi sepak bola yang ada di Indonesia.

Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember.

Baca Juga: Angkat Bicara soal Jadi Cawapres Ganjar atau Prabowo, Erick Thohir Ajukan 4 Syarat!


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x