Kompas TV olahraga sepak bola

Enam Jersey Piala Dunia 2022 Lionel Messi Masuk Lelang, Kira-Kira Senilai Rp154 Miliar, Tertarik?

Kompas.tv - 21 November 2023, 06:15 WIB
enam-jersey-piala-dunia-2022-lionel-messi-masuk-lelang-kira-kira-senilai-rp154-miliar-tertarik
Sotheby siap menggelar lelang enam jersey yang dipakai Lionel Messi selama Argentina meraih kemenangan pada Piala Dunia sepak bola 2022 di Qatar, diprediksi bisa menjadi koleksi memorabilia olahraga paling bernilai yang pernah dijual dengan potensi melebihi US$10 juta atau setara Rp 154 miliar. (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Sotheby siap menggelar lelang enam jersey yang dipakai Lionel Messi selama Argentina meraih kemenangan pada Piala Dunia sepak bola 2022 di Qatar, diprediksi bisa menjadi koleksi memorabilia olahraga paling bernilai yang pernah dijual dengan potensi melebihi US$10 juta atau setara Rp 154 miliar.

Hari Senin (20/11/2023) kemarin, rumah lelang Sotheby mengumumkan mereka akan melelang enam dari tujuh jersey yang dikenakan kapten Timnas Argentina tersebut pada babak pertama di Qatar, termasuk jersey yang ia kenakan dalam kemenangan dramatis melawan Prancis di final.

Seperti banyak pemain sepak bola lainnya, Messi sering bertukar jersey dengan pemain dari tim lawan di akhir setiap pertandingan, dan tentunya jersey miliknya menjadi yang paling dicari.

Dengan mengalahkan Prancis lewat adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di Stadion Lusail, Argentina meraih gelar Piala Dunia ketiganya. Messi berhasil mencetak dua gol untuk negaranya.

Sotheby’s, yang didirikan di London tahun 1744, akan menawarkan jersey-jersey Messi antara 30 November hingga 14 Desember. Sebuah pameran gratis di kantor pusat Sotheby's di New York, Amerika Serikat (AS) akan memungkinkan publik melihat jersey-jersey tersebut selama masa penawaran.

Rumah lelang ini bekerja sama dengan perusahaan rintisan teknologi berbasis di AS, AC Momento, yang bermitra dengan atlet terkenal untuk membantu mengelola memorabilia yang mereka kenakan saat pertandingan.

Rekor saat ini untuk barang memorabilia olahraga yang dikenakan saat pertandingan adalah jersey final NBA 1998 milik Michael Jordan, yang terjual seharga US$10,1 juta atau Rp 157 miliar di Sotheby's New York pada September 2022.

Baca Juga: Ini Pesan Shin Tae-Yong untuk Timnas Indonesia U17 usai Tersingkir dari Piala Dunia U17 2023

Striker Timnas Argentina Lionel Messi dalam sebuah laga Piala Dunia 2022 kontra Timnas Prancis. (Sumber: AP Photo)

Sementara rekor untuk barang memorabilia sepak bola adalah jersey yang dikenakan Diego Maradona pada kemenangan Argentina 2-1 yang kontroversial atas Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986, di mana Maradona terkenal mencetak satu gol dengan tangannya yang disebut sebagai "Tangan Tuhan."

Jersey tersebut terjual seharga US$9,3 juta atau Rp 143 miliar di Sotheby's London pada Mei 2022.

Kemenangan Piala Dunia tahun lalu membuat Messi menyamai prestasi Maradona tahun 1986, kali kedua Argentina meraih trofi tersebut.

Sebagian hasil lelang akan didonasikan ke Proyek UNICAS, yang dipimpin Sant Joan de Déu Barcelona Children’s Hospital dengan dukungan dari Leo Messi Foundation, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka.

Messi, yang saat ini bermain untuk Inter Miami di MLS, menghabiskan 17 tahun bersama Barcelona, memenangkan Liga Spanyol berkali-kali dan Liga Champions Eropa sebanyak empat kali.

Messi telah meraih Ballon d'Or, yang diberikan setiap tahun kepada pemain terbaik, sebanyak delapan kali, sebuah rekor.

Namun, kemenangan terakhirnya di Qatar membuatnya meraih tempat di antara legenda-legenda sepak bola sepanjang masa seperti Pele dan Maradona.

Itulah mengapa jersey-jersey miliknya punya potensi nilai jual yang sangat tinggi.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x