Kompas TV olahraga sepak bola

Sebut Piala Dunia U17 Sukses, Jokowi: Bedampak Positif Bagi Citra Indonesia di Mata Dunia

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 20:00 WIB
sebut-piala-dunia-u17-sukses-jokowi-bedampak-positif-bagi-citra-indonesia-di-mata-dunia
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyebut penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 memberi dampak positif bagi citra Indonesia di mata dunia. (Sumber: BPMI Setpres )
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyebut penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 memberi dampak positif bagi citra Indonesia di mata dunia. 

Jokowi menganggap Piala Dunia U17 2023 berlangsung lancar dan sukses.

"Alhamdulillah pada 2 Desember 2023 yang lalu telah selsesai dilaksanakan World Cup, U17 telah sukses dan penyelenggaraannya sangat baik dan ini diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu event yang terbaik," kata Jokowi, Senin (4/12/2023) dari laporan tim jurnalis KompasTV. 

"Pencapaian ini merupakan satu kebanggaan oleh seluruh rakyan Indonesia dan juga berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata bagi negara kita."

Baca Juga: Piala Dunia U-17 2023 Usai, Kapolda Jawa Tengah Tutup Operasi Aman Bacuya di Stadion Manahan

Sebagai informasi, Jerman U17 keluar sebagai kampiun Piala Dunia U17 2023. Mereka berhasil mengalahkan Prancis U17 di babak final yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12). 

Itu merupakan gelar perdana Die Mannschaft di turnamen sepak bola yang baru bergulir pada 1985 silam. 

Sementara itu, Timnas U17 Indonesia gagal lolos ke fase 16 besar. Jika ditilik dari klasemen akhir keseluruhan kontestan, Indonesia menempati ranking 18 dari 24 peserta. 

Menariknya, tim asuhan Bima Sakti mampu menyelesaikan turnamen lebih baik dibandingkan Korea Selatan. 

Baca Juga: Presiden FIFA, Gianni Infantino Apresiasi Indonesia di Gelaran Piala Dunia U-17

Jokowi sendiri memaklumi Indonesia belum bisa melangkah lebih jauh. Untuk diketahui, ini merupakan partisipasi perdana Indonesia di ajang Piala Dunia U17. 

"Ya, semuanya kan perlu proses, tidak bisa instan kemudian jadi langsung juara," kata Jokowi. 

"Saya kira yang paling baik semakin banyak mengikuti kompetisi tingkat dunia akan semakin baik untuk Timnas U17 atau U20 kita, sehingga kita akan membangun masa depan sepak bola Indonesia, bukan untuk sekarang, tapi sekali lagi semakin banyak kita mengikuti kompetisi akan semakin baik," tegas Jokowi. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x