Kompas TV olahraga sepak bola

Jokowi Sebut Indonesia Siap Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2025

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 18:30 WIB
jokowi-sebut-indonesia-siap-ajukan-diri-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-2025
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia siap mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2025. 

Jokowi mengungkapkan Indonesia akan mengajukan diri bersama negara tetangga, Singapura. 

"Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U20 di tahun 2025 dan U17 untuk tahun 2025-2029 dan bidding bersama dengan Singapura," kata Jokowi, Senin (4/12/2023) dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV. 

"Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan, yaitu U17 dan U20," imbuh Jokowi. 

Baca Juga: Piala Dunia U-17 2023 Usai, Kapolda Jawa Tengah Tutup Operasi Aman Bacuya di Stadion Manahan

Seperti diketahui, Indonesia baru saja menyelenggarakan Piala Dunia U17 2023 sepanjang 10 November sampai 2 Desember lalu. 

Penyelenggaraan Piala Dunia U17 di empat kota Indonesia; Solo, Surabaya, Bandung, dan Jakarta terbilang sukses. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan FIFA menilai Indonesia telah menjadi tuan rumah yang bagus. 

Bahkan, Erick Thohir mengungkapkan FIFA menawari Indonesia untuk menjadi tuan rumah event lainnnya untuk beberapa tahun ke depan. 

"Dari FIFA sendiri sangat positif. FIFA bahkan menawarkan beberapa event ke depan juga. Belum tahu ajangnya apa ya," ungkap Erick Thohir dikutip dari BolaSport.

Baca Juga: Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023, Erick Thohir: Sebuah Catatan Sejarah yang Akan Dikenang

"Positif karena stadion kita bagus, kualitas rumput, hospitality, hotel, bandara, servis. Mereka semua puas dan mereka melihat Piala Dunia U17 kita jadi salah satu yang terbaik."

"Selama penyelenggaraan yang terjadi, kita jadi salah satu yang terbaik," lanjutnya.

Terlepas dari itu, Indonesia sejatinya sempat ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 yang bergulir bulan Mei silam. 

Namun, lantaran gencarnya penolakan terhadap salah satu kontestan, Timnas Israel, FIFA akhirnya mencabut hak tuan rumah Indonesia. FIFA kemudian menunjuk Argentina sebagai tuan rumah pengganti. 


 



Sumber : Kompas TV/BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x