Kompas TV olahraga sepak bola

Rafael Struick: Kita Sudah Kalahkan Korea Selatan, Mari Tulis Sejarah di Olimpiade Paris

Kompas.tv - 26 April 2024, 12:00 WIB
rafael-struick-kita-sudah-kalahkan-korea-selatan-mari-tulis-sejarah-di-olimpiade-paris
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Rafael Struick. Ia mencetak brace pada waktu normal saat Indonesia mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U23, Jumat (26/4/2024) dini hari tadi WIB. (Sumber: Bolasport)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia kini selangkah lebih dekat dengan Olimpiade Paris 2024. Tiket kelolosan ke semifinal Piala Asia U23 2024 didapatkan Timnas Indonesia U23 besutan Shin Tae-yong via kemenangan dramatis atas Korea Selatan.

Adu penalti harus dilakukan untuk menentukan pemenang laga perempat final Piala Asia U23 2024 antara Timnas U23 Indonesia vs Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/4/2024) waktu setempat atau Jumat (26/4) dini hari tadi WIB.

Indonesia muncul sebagai pemenang babak adu penalti via skor 11-10. Babak tos-tosan mesti digelar karena kedua tim berbagi skor sama kuat 2-2 pada waktu normal plus masa tambahan waktu yang berdurasi 2 x 15 menit.

Baca Juga: Statistik Membuktikan, Timnas Indonesia Ungguli Korea Selatan di Piala Asia U23 2024

Timnas Indonesia sempat dua kali dalam posisi memimpin berkat sepasang gol Rafael Struick (15', 45+3'). Korea Selatan lantas membalas berkat gol bunuh diri Komang Teguh (45') dan torehan Jeong Sang-bin (84').

Kedudukan sama kuat 2-2 tetap tak berubah usai kedua tim melalui 2 x 15 menit pada babak extra time. Alhasil, duel timnas Indonesia vs Korea Selatan pun mesti lanjut ke adu penalti.

Sepakan Pratama Arhan menjadi pemasti kemenangan Garuda Muda pada babak adu penalti melawan Korea Selatan.

Dengan demikian, Timnas U23 Indonesia yang berstatus debutan ajang Piala Asia U23, bisa meneruskan langkah bersejarah.

Pada babak semifinal nanti, Indonesia akan menghadapi pemenang duel perempat final Uzbekistan vs Arab Saudi yang akan digelar pada hari ini, Jumat (26/4) malam waktu setempat atau Sabtu (27/4) dini hari nanti.

"Halo semua, hari ini kami mengalahkan Korea Selatan dan melaju ke semifinal. Ayo menuju Paris (Olimpiade) dan tuliskan sejarah lagi," tutur Rafael Struick, dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi Timnas Indonesia.

"Terima kasih suporter," ujar pemain yang kini memperkuat klub Belanda, ADO Den Haag itu.

Baca Juga: Menanti Sejarah Baru Timnas U23 Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Seperti diketahui, Piala Asia U23 2024 menyediakan tiga tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024, yakni untuk kedua tim finalis dan pemenang laga perebutan tempat ketiga.

Sementara itu, tim yang kalah pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 akan berebut tiket terakhir ke Olimpiade 2024 dengan wakil Afrika, Guinea.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x