Kompas TV olahraga sepak bola

Spaletti Sebut Italia Tak Terbebani Status Juara Bertahan Euro: Raksasa Tidak Takut!

Kompas.tv - 15 Juni 2024, 15:25 WIB
spaletti-sebut-italia-tak-terbebani-status-juara-bertahan-euro-raksasa-tidak-takut
Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti. (Sumber: UEFA)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Tito Dirhantoro

DORTMUND, KOMPAS.TV - Jelang melakoni laga pembuka Euro 2024, pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti menyebut timnya tidak terbebani dengan status juara bertahan. 

Menurut jadwal, Italia akan melakoni laga perdana Euro 2024 melawan Albania. Duel Italia vs Albania ini akan berlangsung di BVB Stadion Dortmund, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. 

"Harus dikatakan bahwa kami sedang mewujudkan impian setiap orang Italia yang saat masih kecil, meninggalkan rumah dengan membawa bola di bawah lengan mereka, dan kembali ke rumah pada malam hari dengan raut wajah yang lelah, berkeringat, dan lutut yang tergores," kata Spalletti, Jumat (14/6) dikutip dari Football Italia

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Jerman Awali Turnamen dengan Kemenangan Telak, Nagelsmann Makin Optimistis

"Kami adalah para pahlawan, para raksasa, yang berarti mengenakan seragam untuk tim yang tidak mengalami tekanan selama turnamen ini. Para raksasa dan para pahlawan tidak takut untuk memainkan sebuah pertandingan sepak bola." 

Perjuangan Italia untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa terbilang berat. Gli Azzurri tergabung di grup "neraka", Grup B bersama Spanyol, Kroasia, dan Albania. 

Meski demikian, Italia punya rekor apik kala berjumpa dengan Albania. Dari total empat pertemuan sebelumnya, Italia selalu sukses mengalahkan Albania. 

Teranyar, kedua kesebelasan berduel di laga persahabatan di Tirana Arena, Kombetare, 16 November 2022 silam. Kala itu, Italia mengalahkan Albania dengan skor 3-1. 

Baca Juga: Euro 2024: Legenda Liverpool Prediksi Italia Tak Lolos Fase Grup

Tidak ingin jemawa, Spalletti menyebut Albania racikan Sylvinho merupakan lawan yang menyulitkan.  Terlebih, ada total 10 pemain Albania di Euro 2024 kali ini yang membela klub-klub Serie A Liga Italia. 

"Laga ini sendiri menyulitkan," kata juru taktik berusia 65 tahun itu.

"Saya setuju Sylvinho melakukan pekerjaan luar biasa dengan membangun tim dan kami akan melawan pemain-pemain berkualitas dan tahu betul soal gaya sepak bola kami, mereka telah menunjukkannya di liga kami. Ini akan menjadi laga yang sulit."  

Baca Juga: Serba-serbi Euro 2024: Daftar Tim, Pembagian Grup hingga Jadwal Pertandingan

 



Sumber : Kompas TV/Football Italia



BERITA LAINNYA



Close Ads x