Kompas TV olahraga sepak bola

Euro 2024 Grup A: Jerman dan Swiss Lolos ke 16 Besar, Hungaria Berpeluang Ikut?

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 18:00 WIB
euro-2024-grup-a-jerman-dan-swiss-lolos-ke-16-besar-hungaria-berpeluang-ikut
Kevin Csoboth dari Hongaria melakukan selebrasi usai membuka skor ke gawang Skotlandia dalam duel Grup A di Stuttgart, Jerman, Minggu, 23 Juni 2024. (Sumber: AP Photo/Matthias Schrader)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

STUTTGART, KOMPAS.TV - Jerman dan Swiss memastikan tiket ke babak 16 besar Euro 2024 setelah bermain imbang 1-1 dalam laga terakhir Grup A di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Senin (24/6/2024) dini hari WIB. Sementara itu, Hungaria masih berpeluang lolos setelah mengalahkan Skotlandia di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart.

Dalam pertandingan Jerman melawan Swiss, tim tamu membuka keunggulan lebih dulu melalui gol Dan Ndoye pada menit ke-28. Gol ini tercipta berkat umpan matang dari Remo Freuler. Swiss nyaris meraih kemenangan, namun Jerman berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time.

Gol penyeimbang Jerman lahir dari kerja sama dua pemain pengganti. David Raum memberikan umpan silang yang disambut dengan sundulan Niclas Fullkrug pada menit ke-90+2, membuat skor akhir 1-1.

Hasil ini mengantarkan Jerman finis sebagai juara Grup A dengan tujuh poin, unggul dua angka dari Swiss yang menempati posisi runner-up. Kedua tim dipastikan melaju ke babak 16 besar Euro 2024.

Baca Juga: Shin Tae-Yong Diberi Waktu untuk Perpanjang Kontrak, PSSI Siap Lepas Jika Ditarik Korea Selatan?

Di pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, Hungaria berhasil mengalahkan Skotlandia dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Hungaria dicetak oleh pemain pengganti Kevin Csoboth pada menit ke-90+10, memanfaatkan umpan dari Roland Sallai.

Kemenangan ini membuat Hungaria finis di posisi ketiga Grup A dengan raihan tiga poin dan selisih gol minus tiga.

Meski sempat menelan dua kekalahan di dua laga awal, kemenangan ini menghidupkan peluang Hungaria untuk lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Hingga saat ini, dengan lima grup lainnya yang belum menyelesaikan laga terakhir, posisi Hungaria di klasemen peringkat tiga terbaik masih aman. Mereka menempati posisi ketiga, di bawah Austria dan Slovakia yang memiliki poin sama namun dengan selisih gol yang lebih baik.

Lolosnya Hungaria ke babak 16 besar akan bergantung pada hasil pertandingan di grup-grup lainnya. Timnas asuhan Marco Rossi ini harus menunggu hingga seluruh pertandingan fase grup selesai untuk memastikan nasib mereka di turnamen ini.

Baca Juga: Euro 2024: Tiga Tim Termasuk Jerman Sudah Lolos ke 16 Besar


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x