Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Euro 2024: Belanda Dikejutkan Austria, Grup Inggris Kompak 0-0

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 08:12 WIB
hasil-euro-2024-belanda-dikejutkan-austria-grup-inggris-kompak-0-0
Pelatih Timnas Austria, Ralf Rangnick berselebrasi usai anak asuhnya mengalahkan Belanda 2-3 dalam pertandingan Euro 2024 di Berlin, Jerman, Selasa (25/6/2024). (Sumber: Petr David Josek/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

BERLIN, KOMPAS.TV - Timnas Austria memastikan diri menjadi juara Grup D Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 usai membungkam Belanda 2-3, Selasa (25/6/2024). Anak asuh Ralf Rangnick sukses menjuarai grup kendati kalah di partai perdana.

Hasil pertandingan ini membuat Belanda mesti puas lolos ke 16 Besar Euro 2024 sebagai salah satu peringkat tiga terbaik. Peringkat kedua ditempati Prancis yang ditahan imbang Polandia 1-1.

Dalam pertandingan lawan Belanda, Austria berhasil unggul cepat melalui gol bunuh diri Donyell Malen. Striker Dortmund itu salah mengantisipasi umpan silang bek sayap Austria, Alexandre Prass pada menit keenam.

Belanda berhasil menyamakan keududukan pada awal babak kedua. Memanfaatkan umpan terobosan Xaci Simons, Cody Gakpo melepaskan tembakan yang tidak mampu diantisipasi kiper Austria.

Baca Juga: Luka Modric Jadi Pencetak Gol Tertua di Euro 2024, Pecahkan Rekor Kejuaraan Eropa

Austria kembali unggul berkat gol Romano Schmid pada menit 59. Schmid sukses menjebol gawang Belanda menyambut umpan silang Florian Grillitsch.

De Oranje sempat menyamakan kedudukan pada menit 75 mellaui aksi Memphis Depay. Namun, beberapa menit berselang, Austria memastikan kemenangan melalui gol Marcel Sabitzer.

Di tempat terpisah, semua pertandingan Grup C Euro 2024 yang berlangsung Rabu (26/6) dini hari kompak berakhir 0-0. Tidak ada gol yang tercipta dalam pertandingan Inggris vs Slovenia dan Denmark vs Serbia.

Melawan Slovenia, Gareth Southgate membuat satu perubahan, mengganti Trent Alexander-Arnold dengan Conor Gallagher. Kendati tampil dominan sepanjang laga, skuad Three Lions kesulitan menembus pertahanan Slovenia.

Hasil ini membuat Inggris dipastikan lolos sebagai juara Grup C berkat kemenangan di partai perdana kontra Serbia dan dua kali imbang lawan Denmark dan Slovenia.

Posisi kedua Grup C ditempati oleh Denmark. Kendati memiliki poin dan selisih gol yang identik dengan Slovenia, Denmark berhak menempati peringkat ketiga karena Slovenia terkena hukuman kartu kuning lebih banyak.

Slovenia pun harus puas di peringkat ketiga, lolos sebagai salah satu peringkat tiga terbaik. Slovenia tercatat unggul dari Hongaria dan Kroasia di klasemen peringkat tiga terbaik. Hongaria dan Kroasia telah menyelesaikan pertandingan Euro 2024.

Baca Juga: Dari Diskusi Beyond The Game, Exco PSSI : Kompetitif Demi Peningkatan Kualitas Liga Indonesia



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x