Kompas TV olahraga badminton

Atlet Bulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal, PBSI Bakal Surati BWF

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 19:45 WIB
atlet-bulu-tangkis-china-zhang-zhi-jie-meninggal-pbsi-bakal-surati-bwf
Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy. (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Buntut insiden atlet asal China, Zhang Zhi Jie meninggal saat bertanding di Kejuaraan Asia Junior 2024 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (30/6/2024) kemarin, PBSI akan bersurat ke BWF.

Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy mengungkapkan pihaknya bakal mengirim surat ke organisasi bulutangkis dunia, BWF soal pengubahan aturan terkait tim medis boleh masuk lapangan.

Broto mengungkapkan pihaknya meminta kepada BWF agar aturan terkait tim medis boleh masuk lapangan ketika ada atlet butuh penanganan tidak perlu menunggu instruksi wasit.

"Ke depan mungkin kita akan menyurati BWF agar aturan bahwa tim medis baru bisa masuk setelah ada panggilan dari referee, kita harapkan bisa melihat sikon (situasi dan kondisi) agar bisa lebih cepat ditangani agar atlet terselamatkan seandainya terjadi hal seperti ini," kata Broto dikutip YouTube KompasTV Jateng, Senin (1/7/2024).

Baca Juga: China Janjikan Hukuman Mati Bagi Pelaku Separatis Kemerdekaan Taiwan, Ini Caranya

Di sisi lain, dia menegaskan Kejuaraan Asia Junior 2024 akan tetap berlangsung, meski ada kejadian Zhang Zhi Jie meninggal dunia. "Kompetisi masih tetap berlangsung," ujarnya.

Sebelumnya, Zhi Jie meninggal dunia usai bertanding di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2024 yang digelar di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Dilansir dari Kompas.com, Zhi Jie meninggal usai tampil membela negaranya dalam laga ketiga melawan Jepang, Minggu malam.

Di tengah pertandingan, Zhi Jie dilaporkan pingsan dan mesti dilarikan ke rumah sakit.

Akan tetapi, Zhi Jie tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB. Penyebab kematian belum diketahui.

"Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," kata PBSI dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Senin (1/7).

"Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat."

Zhang Zhi Jie datang ke Indonesia sebagai anggota skuad beregu China. Tim China tercatat berhasil melenggang ke perempat final Badminton Asia Junior Championships 2024.

Badminton Asia Junior Championships merupakan ajang bergengsi bagi pebulu tangkis U19 di Asia. Tahun ini, ajang tersebut digelar di Yogyakarta mulai 28 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Baca Juga: Pebulu Tangkis China Meninggal usai Berlaga dalam Badminton Asia Junior Championships di Yogyakarta



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x