Kompas TV olahraga sepak bola

Nova Arianto Minta Timnas U16 Indonesia Tidak Berpuas Diri usai Juara 3 Piala AFF U16 2024

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 20:43 WIB
nova-arianto-minta-timnas-u16-indonesia-tidak-berpuas-diri-usai-juara-3-piala-aff-u16-2024
Selebrasi pesepak bola Timnas Indonesia, Daniel Alfrido (tengah) setelah mencetak gol dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam pada ajang ASEAN U16 (Piala AFF) Boys Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore. Timnas Indonesia merebut peringkat 3 terbaik setelah membungkam Vietnam 5-0.   (Sumber: TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV — Pelatih Timnas U16 Indonesia, Nova Arianto menekankan kepada anak asuhnya untuk tidak berpuas diri meski berhasil menjadi juara 3 Piala AFF U16 2024.

Timnas U16 Indonesia meraih hasil apik setelah sukses membantai Vietnam dengan skor telak 5-0 dalam laga perebutan juara ketiga di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Lima gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Muhammad Zahaby Gholy pada menit ke-45 dan 79, Daniel Alfrido pada menit ke-74 dan 83, serta Dafa Zaidan pada menit ke-45+3. 

Meski kemenangan diraih dengan skor telak, Nova menegaskan, pertandingan tersebut bukanlah laga yang mudah.

"Tentunya ini bukan pertandingan yang mudah ya, apalagi kita cuma dapat waktu recovery satu hari," ujar Nova Arianto dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan dikutip dari Tribunnews.

"Terlihat awal-awal pertandingan kita cukup kesulitan, tapi saya bersyukur para pemain bisa melakukan yang terbaik dan sesuai apa yang telah kita persiapkan di latihan," sambungnya.

Nova mengapresiasi kerja keras dan usaha para pemain yang mampu mengatasi berbagai tantangan. 

"Ya sekali lagi saya berterima kasih sama para pemain yang bekerja secara luar biasa pada hari ini sehingga kita bisa meraih juara tiga Piala AFF U16 2024," ucapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Semangati Timnas U16: Jangan Nangis, Oktober Ketemu Australia Kita Sikat!

Namun, Nova juga mengingatkan para pemain untuk tidak berlarut dalam euforia kemenangan.

Menurutnya, keberhasilan di Piala AFF U16 2024 ini hanyalah bagian awal dari perjalanan panjang mereka. 

"Tapi saya selalu berpesan agar euforia ini tidak terlalu berlebihan, karena perjalanan mereka masih panjang," kata Nova.

"Jadi jangan sampai mereka berpuas diri, karena ini merupakan awal dari mereka untuk menjadi pemain timnas senior di masa yang akan datang," ujarnya.

Pelatih yang juga asisten Shin Tae-yong ini menegaskan, fokus utama tim saat ini adalah mempersiapkan diri menghadapi Kualifikasi Piala Asia U17 2024 yang akan digelar pada 23-27 Oktober mendatang. 

"Hari ini memang kita berhasil juara tiga, tapi besok kita kembali dari nol dan akan mempersiapkan diri untuk Kualifikasi Piala Asia U17 2025," pungkasnya.

Timnas U16 Indonesia akan tergabung di Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara, bersaing untuk merebut salah satu dari 15 tiket menuju putaran final Piala Asia U17 di Arab Saudi.

Baca Juga: Hasil Timnas U16 Indonesia vs Australia: Main dengan 10 Orang, Garuda Asia Kalah 3-5



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x