Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-Yong Tak Gentar Hadapi Tim-Tim Kuat dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 19 Juli 2024, 08:29 WIB
shin-tae-yong-tak-gentar-hadapi-tim-tim-kuat-dalam-kualifikasi-piala-dunia-2026
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Sumber: AFC via Kompas.id)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak gentar menghadapi tim-tim kuat dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, secara permainan dan fisik, Timnas Indonesia tak kalah dari salah satu calon lawannya, Australia.

Di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia tergabung di Grup C bersama Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, dan Jepang.

Baca Juga: Piala AFF U19 2024: Media Vietnam Sindir GBT yang Dekat dengan Pembuangan Sampah dan Bau Busuk

Menilik lawan-lawan tersebut, Tim Garuda dinilai sulit untuk bisa langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Hanya peringkat kesatu dan kedua dalam masing-masing grup yang otomatis lolos.

Namun, Shin Tae-yong malah mengaku tak sabar melawan tim-tim kuat Asia yang akan menjadi lawannya.

“Menurut saya, tak masalah karena tidak menargetkan posisi satu atau dua. Kami lebih baik melawan tim yang lebih kuat seperti tim peringkat satu atau dua,” katanya saat berbicara dalam kanal Youtube Lee Kyung-kyu, seperti dikutip dari BolaSport.com.

“Jika ada situasi saling mengalahkan itu akan bagus. Jujur di grup kami, Jepang dan Australia memiliki peluang tertinggi untuk lolos,” tambahnya.

Shin Tae-yong mengatakan targetnya adalah meraih posisi ketiga atau keempat, yang akan membuat mereka berlaga di putaran keempat.

“Akan bagus jika mendapatkan tiket (di putaran keempat), jika tidak, kami akan bermain di play-off (kemungkinan 50:50),” ucapnya.

“Jadi tim peringkat satu atau dua, siapa pun yang datang tak akan jadi masalah bagi kami,” katanya.

Shin Tae-yong juga ditanya soal kemungkinan Timnas Indonesia menang lawan Australia, mengingat hal itu pernah dilakukannya di level U23.

Pada Piala Asia U23 2024, Indonesia mampu menang 1-0 atas Australia dalam laga Grup A.

Baca Juga: Pilu Pelatih Filipina Lihat Timnnya Kalah Telak dari Timnas U19 Indonesia di ASEAN Cup U19 2024

“Jika sombong, kami bisa dikritik. Jadi kami tak boleh sombong (walau menang atas Australia di level U23). Harus dievaluasi dengan hati-hati. Menurut saya, kami harus pergi bagaimanapun caranya,” katanya.

“Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa tim Indonesia kami memiliki rata-rata tinggi yang sama dengan Australia. Tim kami tidak kalah secara fisik,” sambungnya.

Timnas Indonesia akan memulai laga perdana di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi pada 5 September 2024 di kandang lawan.


 




Sumber : BolaSport.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x