Kompas TV otomotif ranger oto

Pertama di Indonesia! Hino Resmikan Fasilitas Uji KIR Terintegrasi di GIICOMVEC 2024

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 19:32 WIB
pertama-di-indonesia-hino-resmikan-fasilitas-uji-kir-terintegrasi-di-giicomvec-2024
PJ. Walikota Tangerang Nurdin bersama Irwan Supriyono selaku After Sales & Technical Director HMSI (Sumber: Rengga Rinasti/KompasTV)
Penulis : Rengga Rinasti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan fasilitas Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Swasta, berizin resmi dan terakreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Peresmian dilakukan di pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024.

Fasilitas uji KIR ini merupakan yang pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan bengkel resmi.

Jenis layanan yang diberikan Hino, antara lain, uji berkala perpanjangan masa berlaku yang dilakukan setiap 6 (enam) bulan kepada seluruh jenis Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU).

Layanan ini berlaku untuk seluruh merek Hino maupun merek selain Hino. Layanan uji berkala ini dinilai sangat mudah karena dilakukan melalui sistem aplikasi dari Hino.

Dalam aplikasi tersebut dapat dilakukan booking jadwal pelaksanaan yang diharapkan dapat mengurangi antrean untuk efisiensi waktu tanpa harus mengganggu operasional kendaraan.

Dalam keterangannya pada acara peresmian Fasilitas Uji Berkala Kendaraan Bermotor (KIR) di Booth Hino, Pj. Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan bahwa akan mendorong semua kendaraan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Ya ini untuk pertama kali pihak swasta memberikan layanan uji kelaikan kendaraan tersebut. Kita akan dorong agar semua kendaraan di Kota Tangerang bahkan juga di luar Tangerang bisa untuk memanfaatkan fasilitas uji kelaikan ini," ujar Nurdin, Kamis (07/03/2024).

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi kepada kementerian perhubungan yang telah memperbaiki yang sudah menyempurnakan regulasi dan memberi ruang kepada dunia usaha untuk ikut serta uji kelaikan ini,” imbuh Nurdin.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno bersama Santiko Wardoyo selaku COO-Director HMSI (Sumber: Rengga Rinasti/KompasTV)

Selain itu, Irwan Supriyanto selaku After Sales dan Technical Director HMSI mengatakan bahwa layanan uji berkala tersebut memiliki penguji yang memiliki sertifikasi resmi dan berintegritas.

“Layanan uji berkala kendaraan bermotor milik HMSI, memiliki SDM Penguji berintegritas yang memiliki sertifikat kompetensi resmi dari Dirjen Perhubungan Darat, dan metode pengujian yang mengikuti regulasi Pemerintah ditambah dengan inspeksi standar APM Hino, sehingga menghasilkan kualitas hasil uji yang dapat dipertanggungjawabkan, serta rekomendasi perbaikan tepat, langsung di bengkel resmi Hino,” ungkap Inwan Supriyono, Kamis (07/03/2024).

Pada pameran kali ini, Hino menempati booth di Hall B dengan mengusung tema Hino untuk Indonesia.

Pabrikan asal Jepang ini menghadirkan 5 unit kendaraan yang menjadi gacoannya. Antara lain, Hino 300-136 HD, Hino 500-FM 280 JD Mining, Hino 700-ZY 5041, Hino Bus - RM 280 ABS, serta di area outdoor yaitu Hino 300-136 HDL 4x4.

Adapun pameran GIICOMVEC 2024 ini diselenggarakan pada 7-10 Maret 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC). 

Sebagai informasi, pameran ini tidak memberlakukan tiket masuk, sehingga seluruh pelaku industri dan pebisnis dapat mendaftarkan diri melalui official website GIICOMVEC 2024 pada laman visitors registration.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x