Kompas TV otomotif ranger oto

Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport Ramaikan Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024, Ini Jadwalnya

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 15:52 WIB
porsche-718-cayman-gt4-rs-clubsport-ramaikan-porsche-sprint-challenge-indonesia-2024-ini-jadwalnya
Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport, mobil yang akan berkompetisi dalam Porsche Sprint Challenge 2024. (Sumber: Superstar Motorsport)
Penulis : Fajar Hardipradana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Superstars Motorsport, penyelenggara dan pemegang lisensi Porsche Sprint Challenge Indonesia, memperkenalkan mobil balap terbaru mereka, Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport, dalam roadshow di sebuah hotel di Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport akan berkompetisi dalam kategori GT4 yang baru ditambahkan pada Porsche Sprint Challenge Indonesia musim 2024.

CEO Superstars Motorsport Bagoes Hermanto sangat senang membawa dunia motorsport lebih dekat lewat Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport.

(Dari kiri ke kanan) Senna Irawan (Tania Motorsport), Ananda Mikola (Waketum Olahraga Mobil, IMI), dan Bagoes Hermanto (CEO Superstar Motorsport) bersama Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport. (Sumber: Superstar Motorsport)

Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ananda Mikola mengatakan pihaknya berharap dapat terus melanjutkan dukungannya terhadap Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Baca Juga: Yuk, Intip Beragam Mobil dan Motor Listrik di Pameran Otomotif IIMS 2024

"Karena ini merupakan kompetisi balap mobil pertama di Pertamina Mandalika International Circuit. IMI berkomitmen untuk mengembangkan pembalap berbakat Indonesia dengan ajang olahraga mobil tingkat tertinggi di Indonesia," kata Ananda.

Musim kedua Porsche Sprint Challenge Indonesia akan kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit dengan format yang lebih menarik.

Kalender balap tahun 2024 terdiri dari empat akhir pekan balapan yang dijadwalkan mulai bulan Agustus hingga Desember. 

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan MGPA mendukung penuh balap mobil Porsche Sprint Challenge Indonesia.

"Karena event ini memberikan wadah yang ideal bagi para penggemar mobil di Indonesia untuk menyalurkan hobi dan bakat mereka. Sirkuit Mandalika, yang termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), menjadikan Mandalika sebagai pusat otomotif yang berkelas dunia," ujarnya.

Baca Juga: Kemeriahan IIMS 2024, Pameran Otomotif Sekaligus Liburan Keluarga

Sebagai informasi, Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport dilengkapi dengan mesin boxer enam silinder 4,000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 500 hp, 75 hp lebih besar dari model sebelumnya.

Mobil ini juga memiliki torsi maksimal sebesar 465 Nm pada 6.000 rpm. Transmisi kopling ganda (PDK) 7-percepatan standar yang dipasang pada mobil ini diadopsi dari Porsche Cayman GT4 RS.

Selain itu, Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport menggunakan komponen yang terbuat dari bahan komposit berkelanjutan atau natural fiber composite (NFC), termasuk kap mesin, sayap, detail aero depan, dan roda kemudi baru.

Penggunaan serat berbasis rami sebagai material komposit serat karbon alternatif dapat diuji pada komponen ini untuk potensi penggunaan di masa depan pada produksi mobil penumpang.

Putaran pertama Porsche Sprint Challenge 2024 digelar pada 16-18 Agustus 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Putaran kedua akan berlangsung pada 11-13 Oktober 2024, disusul dengan putaran ketiga pada 1-3 November 2024, dan putaran penutup pada 6-8 Desember 2024 di lokasi yang sama.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x