Kompas TV pendidikan kampus

Bikin Heboh! Netizen Dapat Surat Diterima jadi Mahasiswa di Unissula, padahal Tak Pernah Mendaftar

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 08:45 WIB
bikin-heboh-netizen-dapat-surat-diterima-jadi-mahasiswa-di-unissula-padahal-tak-pernah-mendaftar
Viral netizen mengaku dapat surat diterima di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), padahal tak pernah mendaftar. (Sumber: Twitter/@sbmptnfess)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah netizen di Twitter membagikan pengalamannya mendapatkan surat dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) berisi keterangan diterima sebagai mahasiswa baru, padahal tidak pernah mendaftar.

Keramaian ini bermula dari sebuah cuitan di akun Twitter @sbmptnfess, di mana seorang netizen mengunggah tangkapan layar surat berkop Unissula.

Surat tersebut berisi keterangan diterima menjadi mahasiswa baru di program studi (prodi) S1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unissula Semarang.

Baca Juga: Jalur Mandiri UNS Gelombang 2 Diperpanjang hingga Siang Nanti, Daftar di spmb.uns.ac.id

Guys ada yang dapat WA kaya gini dari UNISSULA ngga? Aku ngga ngerasa daftar tapi tiba-tiba dapat surat pemberitahuan kaya gini dari WA,” tulis pengunggah, Senin (11/7/2023).

Pada kolom komentar, tampak beberapa netizen membagikan pengalaman yang sama. Mereka mengaku mendapatkan surat tersebut, padahal tak pernah mendaftar.

Aku juga dapet, pihak unissula nya dapet data aku darimana ya ada yang tau ga,” tulis akun @ray***.

Nih nder aku jg wkwk, mana prodinya persis sm yg kudaftarin di univ lain,” tulis akun @kons*** sembari membagikan tangkapan layar surat yang sama.

Baca Juga: Pengumuman Ujian Mandiri CBT UGM 2023 Hari Ini, Begini Cara Cek Hasil Seleksi

Kata Kampus Unissula

Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan Unissula Setiawan Widiyoko mengatakan, surat yang beredar di media sosial itu benar dari Unissula. Artinya, surat tersebut resmi dari kampus.

Setiawan menjelaskan, pihaknya menjaring calon mahasiswa berdasarkan data-data yang berasal dari kerja sama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) sekolah menengah atas di seluruh Indonesia.


“Kalau dulu kami datang ke sekolah, kami presentasi, sosialisasi, setelah itu kami dapat data dari presensi,” kata Setiawan, Rabu (12/7), seperti dikutip dari Kompas.com.

Sejak pandemi Covid-19, Unissula melakukan sosialisasi kampus via Zoom dengan guru BK dan mendapatkan akses data siswa.

Dia menegaskan, calon mahasiswa yang mendapatkan surat tersebut tidak sembarang, Dia bilang, pihaknya sudah menyeleksi sehingga calon mahasiswa yang diterima disebut layak masuk Unissula tanpa tes.

Baca Juga: Kisah Anak Korban Tsunami Aceh Lolos Jalur Prestasi UGM, Orang Tua Galau Biayai Ongkos Perjalanan

Sejak Oktober 2022, pihaknya telah mengumpulkan data 79.000 siswa kelas 12 di seluruh Indonesia. Pihaknya kemudian mengelompokkan data tersebut berdasarkan minat para siswa untuk dimasukkan sesuai prodi yang ada di Unissula.

“Jadi, sebelum penutupan PMB (penerimaan mahasiswa baru), kami informasikan itu (melalui surat).”

Setiawan menambahkan, calon mahasiswa yang menerima surat itu dapat menghubungi kontak yang disediakan untuk konfirmasi.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x