Kompas TV pendidikan sekolah

Jalur Masuk di SMA Pradita Dirgantara, Simak Persyaratannya

Kompas.tv - 29 Juli 2023, 12:28 WIB
jalur-masuk-di-sma-pradita-dirgantara-simak-persyaratannya
SMA Pradita Dirgantara yang berada di Boyolali, Jawa Tengah. (Sumber: sma.praditadirgantara.sch.id)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi orang tua siswa SMP sederajat yang berminta mendaftarkan anaknya ke salah satu SMA terbaik di Indonesia, SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Jawa Tengah, kenali dulu jalur masuk dan persyaratannya. 

SMA Pradita Dirgantara adalah sekolah menengah atas yang telah meraih peringkat 3 nasional berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022, meskipun baru didirikan pada tahun 2018. 

Sekolah ini telah menghasilkan lulusan terbaiknya yang berhasil diterima di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. 

Baca Juga: Catat, Ini Aturan Seragam Sekolah dan Ketentuan Pakaian Adat SD, SMP, SMA Terbaru 2023

Namun, calon siswa yang berminat harus melewati seleksi yang sangat ketat, termasuk seleksi tingkat daerah dan nasional.

Jalur masuk SMA Pradita Dirgantara

Apabila kamu berencana untuk mendaftar di SMA Pradita Dirgantara pada tahun ajaran 2024/2025 mendatang, kamu dapat mencari informasi mengenai jalur pendaftaran yang tersedia dan persyaratan masuk ke sekolah tersebut. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi SMA Pradita Dirgantara pada Senin, 24 Juli 2023, mengacu pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun sebelumnya, terdapat dua jalur pendaftaran yang dibuka oleh SMA Pradita Dirgantara. 

Selain itu, PPDB di SMA Pradita Dirgantara dibuka jauh lebih awal, yakni pada awal Desember dan ditutup pada pertengahan Januari pada PPDB tahun sebelumnya, yaitu PPDB 2023.

Baca Juga: Daftar 30 SMA Terbaik di Yogyakarta, Ada Sekolahmu?

Berikut jalur masuk SMA Pradita Dirgantara yang perlu diketahui orangtua dan siswa: 

  1. Jalur reguler. 
  2. Jalur prestasi. 

Sebagai tambahan informasi, jalur prestasi ini khusus bagi calon peserta PPDB yang memenuhi persyaratan dan memiliki prestasi di bidang Sains sebagai berikut; 

Peraih medali olimpiade Sains tingkat internasional seperti IMO, IphO dan IBO, peraih medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional dan Olimpiade Penelitian Siswa tingkat nasional yang diadakan Puspresnas. Jika secara administrasi dinyatakan lolos jalur prestasi, calon siswa auto lolos ke seleksi pusat/nasional tanpa perlu mengikuti seleksi daerah.


Syarat umum dan khusus daftar SMA Pradita Dirgantara

Setelah mengetahui jalur masuk SMA Pradita Dirgantara, perlu diketahui juga syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar ke salah satu SMA terbaik di Indonesia ini. 

Berikut adalah syarat umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh calon siswa untuk mendaftar di SMA Pradita Dirgantara:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan. 
  • Lulus SMP/sederajat. 
  • Tidak pernah tinggal kelas selama di SMP/sederajat.

Sedangkan syarat khususnya adalah sebagai berikut:

Agar dapat mendaftar sebagai calon siswa di SMA Pradita Dirgantara, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen atau file yang akan diunggah melalui situs resmi yang akan diumumkan di Instagram dan laman resmi SMA Pradita Dirgantara. 

Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng! Judha, Siswa SMA Pradita Dirgantara Berhasil Diterima 11 Kampus di Luar Negeri

Dokumen atau file yang dibutuhkan antara lain:

  • Pas foto background merah. 
  • Akta kelahiran. 
  • Kartu keluarga 
  • Rata-rata minimal 90 untuk nilai rapor dari semester 1 sampai dengan C (aspek pengetahuan) untuk mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Inggris. 
  • Minimal skor IQ (Intellectual Quotient) 115 dan diterbitkan oleh biro psikologi terdaftar di Himpunan Psikologi (HIMPSI). 
  • Sertifikat/piagam prestasi.
  •  Calon siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi wajib melampirkan (upload dokumen) sertifikat. 
  • Calon siswa yang mendaftar melalui jalur reguler, tetap bisa melampirkan sertifikat prestasi sebagai nilai plus yang nantinya ditentukan oleh tim kurasi.

Penting untuk memastikan nilai rapor yang bagus dan prestasi yang memadai agar memiliki peluang lebih besar untuk diterima di SMA Pradita Dirgantara.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x