Kompas TV pendidikan edukasi

Sofia University dan Uhamka Bentuk Pusat Transformasi: Fokus Islam Moderat dan Kepemimpinan Wanita

Kompas.tv - 27 November 2023, 01:40 WIB
sofia-university-dan-uhamka-bentuk-pusat-transformasi-fokus-islam-moderat-dan-kepemimpinan-wanita
KBRI Bulgaria memfasilitasi Sofia University dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) membentuk Pusat Transformasi Antar Universitas (Ad Intern University Transformation Center) di Bulgaria pada Sabtu (25/11/2023). (Sumber: Dok Humas Uhamka)
Penulis : Deni Muliya

SOFIA, KOMPAS.TV - KBRI Bulgaria memfasilitasi Sofia University dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) membentuk Pusat Transformasi Antar Universitas (Ad Intern University Transformation Center) di Bulgaria pada Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Harmonature Pukau Ribuan Penonton di Bulgaria, Sederet Musisi Indonesia Ambil Bagian

Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro mengungkapkan, pembentukan Pusat Transformasi Antar Universitas itu, selain untuk memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Bulgaria, juga guna mendukung riset yang bermakna dalam dua bidang penting, yaitu Islam moderat dan kepemimpinan wanita dalam pendidikan dan sains.

"Kerjasama ini adalah langkah maju dalam pengembangan kapasitas riset di Uhamka dan juga dalam memperkuat hubungan internasional kami. Dengan fokus pada Islam moderat dan peran wanita dalam pendidikan dan sains, kami berharap pusat ini akan memberikan kontribusi berharga bagi masyarakat global," ujar Gunawan, melalui keterangan tertulisnya kepada Kompas.tv pada Minggu (26/11/2023).

Menurut Gunawan, Pusat Transformasi Antar Universitas itu bertujuan untuk menjadi pusat keunggulan dalam riset tentang Islam moderat dan peran penting wanita dalam pendidikan dan sains. 

Kedua universitas ini dapat bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian serta pertukaran ilmu dan pengetahuan, yakni guna menghasilkan wawasan yang lebih dalam kedua bidang tersebut.  

Di samping kerjasama di bidang riset, kolaborasi ini juga mencerminkan sejarah panjang hubungan antara Bulgaria dan Indonesia.

Kedua negara ini semakin memperkaya keragaman penelitian. Dengan memahami konteks historis dan kultural masing-masing, pusat transformasi diharapkan dapat menghasilkan riset yang lebih kontekstual dan bermakna bagi kedua negara. 

Baca Juga: [FULL] Pidato Anies Baswedan Hadiri Dialog Terbuka di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Gunawan menambahkan, kerjasama ini adalah langkah berani dan ambisius membawa manfaat jangka panjang bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang Islam moderat serta peran penting wanita dalam pendidikan dan sains.  

Universitas milik Muhammadiyah ini dengan misi Islam moderat sangat penting digalakan sebagai bentuk paham agama yang berlandaskan al-qur’an dan hadist.

"Pusat Transformasi Antar Universitas itu adalah langkah kongkrit dari hasil rencana yang sudah kami kembangkan melalui rencana strategis Uhamka, dan kami sampaikan kepada media," kata Prof. Heri Mulyono, Ketua Lembaga Kerjasama Internasional dan Publikasi Uhamka.

Gayung bersambut, Sofia University tertarik dan siap melakukan pengembangan Pusat Transformasi itu.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama itu dihadiri sejumlah tokoh penting dari kedua universitas. 

Dari pihak Uhamka ada Rektor Uhamka Prof. Dr. Gunawan Suryoputro.M.Hum, Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza, MA, serta Kepala Lembaga Kerjasama dan Publikasi Uhamka Prof Herri Mulyono.

Hadir pula dari Bulgaria; Rektor Sofia University, Wakil Rektor, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan, serta sejumlah profesor yang terlibat dalam pembentukan lembaga dan penelitian tersebut.

Baca Juga: Peringati Milad ke-66, Uhamka Beri Penghargaan Alumnus Relawan di Palestina



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x