Kompas TV pendidikan kampus

Ramai di Medsos Penerima KIP Kuliah di Undip Dinilai Tak Tepat Sasaran, Pihak Kampus Klarifikasi

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 10:04 WIB
ramai-di-medsos-penerima-kip-kuliah-di-undip-dinilai-tak-tepat-sasaran-pihak-kampus-klarifikasi
Ilustrasi KIP Kuliah 2024. Mahasiswa penerima KIPK Undip diduga menyalahgunakan dana KIPK. (Sumber: puslapdik.kemdikbud.go.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KPIK tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial X. Netizen menduga KIPK dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, tidak tepat sasaran.

Dugaan tersebut muncul lantaran ada penerima KIPK dari Undip diduga merupakan mahasiswa dari kalangan ekonomi mampu dan memiliki gaya hidup yang mewah.

Akun X @riansazyn merinci sejumlah nama-nama penerima KPIK Undip yang diduga melakukan penyalahgunaan dana KIPK untuk bergaya hidup mewah.

Baca Juga: Cegah Penyalahgunaan, Kemdikbud Minta Penerima KIP Kuliah Tak Layak Dilaporkan, Siap Beri Sanksi

Terdapat lima penerima KIPK Undip yang menjadi sorotan, yakni CMJ, SKP, RAM, CST, dan NDP.

Kemudian, akun X @convomfs juga menyebutkan penerima KPIK Undip yang memiliki barang-barang mewah. Akun itu mengunggah pengakuan pencapaian mahasiswa tersebut yang sudah berhasil membeli ponsel, tas mahal, hingga sepeda motor Vespa matic.

Kata Pihak Kampus

Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip, Utami Setyowati, membenarkan bahwa mahasiswa berinisial CMJ yang sempat menjadi sorotan netizen adalah penerima KIPK.

CMJ merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro. Utami bilang, pihaknya sudah menindaklanjuti dugaan CMJ menyalahgunakan dana KIPK.

“Sudah dilakukan tindak lanjut, baik berupa pemanggilan mau pun survei ke tempat tinggal penerima yang diduga menerima KIPK,” kata Utami, Rabu (1/5/2024), seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia juga membenarkan bahwa CMJ memenuhi syarat menjadi mahasiswa penerima KIPK saat mendaftarkan diri. Utami memastikan bahwa Undip telah menjalankan mekanisme pendaftaran, verifikasi, dan penetapan penerima KIPK sesuai ketentuan.

Baca Juga: Tidak Lulus SNBP? Ini Link dan Cara Daftar UTBK SNBT 2024 sekaligus KIP Kuliah

Pihak kampus juga telah menjalankan mekanisme tersebut sesuai dengan Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2024. 

Seiring waktu berjalan, mahasiswa tersebut pun menjadi selebgram dan mendapatkan pemasukan dari media sosial. Untuk itu, Undip akan kembali menelaah kelanjutan pemberian dana KIPK.

"Selanjutnya Undip akan mempertimbangkan kelanjutan pemberian bantuan KIPK," kata Utami.

Undip juga akan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap penerima KIPK melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x