Kompas TV regional berita daerah

Sultan HB X: Ada Tamu Positif Covid-19, Hotel Saya Tutup

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 17:54 WIB
sultan-hb-x-ada-tamu-positif-covid-19-hotel-saya-tutup
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X ketika diwawancarai di Dalem Ageng, Komplek Kepatihan, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Selasa (20/6/2017) (Sumber: KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur DIY Sultan HB X tidak segan-segan akan menutup hotel jika kedapatan wisatawan yang menginap terkonfirmasi positif Covid-19. Oleh karena itu, Sultan HB X menekankan pentingnya pengawasan wisatawan melalui surat hasil tes rapid antigen yang dimiliki oleh pendatang atau wisatawan.

“Kalau sampai (tamu hotel) positif, maka hotel saya tutup, mereka juga tahu itu,” ujar Sultan HB X, seusai gelar pasukan Operasi Lilin Progo 2020 di Mapolda DIY, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Jokowi Puji Yogya Soal Penanganan Covid-19, Sultan HB X: Ya, Terima Kasih

Menurut Sultan HB X hal ini sudah menjadi kebijakan Pemda DIY. Semua wisatawan yang datang ke DIY harus memiliki surat hasil tes rapid atau tes swab antigen.

Jadi, Sultan HB X berharap kebijakan itu bisa diikuti semua warga masyarakat, pendatang, dan wisatawan yang masuk ke DIY. Hal itu juga berlaku di tempat-tempat wisata.

Meskipun demikian, Sultan HB X tidak menampik, tantangan muncul justru dari pendatang yang masuk ke Yogyakarta melalui jalan alternatif. Tidak menutup kemungkinan, ada wisatawan yang tidak melakukan tes swab atau rapid antigen terlebih dulu.

“Saya tadi sudah koordinasi dengan pemkab dan pemkot supaya melakukan tes antigen atau swab untuk mereka yang belum memenuhi ketentuan dengan harapan tahu negatif atau positif (Covid-19),” ucap Sultan HB X.

Baca Juga: Reaksi Sultan HB X Saat Melihat Alat Deteksi Covid-19 GeNose Buatan UGM



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x