Kompas TV regional berita daerah

Pembersihan Arca Di Klenteng Setelah Sembahyang Dewa Naik

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 20:22 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Buleleng, KOMPASTV -  Rangkaian perayaan imlek/ tahun baru cina dua ribu lima ratus tujuh puluh dua, yang jatuh pada tanggal dua belas februari 2021, dimulai dengan persembayangan dewa naik dan pembersihan arca para dewa di klenteng. Proses pembersihan arca para dewa, di kleteng ling gwan gong, hanya dilakukan oleh para pengurus klenteng. Proses pembersihan arca ini dikenal dengan proses penyucian perwujudan para dewa dan dewi yang berstana di klenteng ling gwan gong. Proses pembersihan dan penyucian perwujudan para dewa dan dewi, dilakukan setelah persembayangan dewa naik yang dilakukan pada tengah malam tadi/ tepat pukul nol nol wita.

 

Seluruh arca dan benda-benda pusaka yang ada di klenteng mulai dibersihkan satu persatu. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan kuas dan air kembang. Total jumlah arca yang ada di klenteng ling gwan gong berjumlah tiga belas buah. Selain melakukan penyucian arca para dewa/ juga dilakukan pembersihan tempat arc, dan pentataan klenteng menjelayang perayaan imlek mendatang. Secara perhitungan penanggalan cina, pembersihan dan penyucian arca yang ada diklenteng dilakukan pada tanggal dua puluh empat, bulan dua belas. Pada tanggal itu, dipercaya bahwa seluruh dewa dan dewi sedang naik kelangit menghadap sang pencipta.

 

Klenteng t.i.t.d ling gwan gong, yang berada di kawasan pelabuhan tua buleleng, merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di buleleng bali. Dewa utama yang di puja di t.i.t.d ling gwan gong, adalah dewa chen fu zhen ren.

 

Dalam perayaan imlek tahun 2021 kali ini/ dilakukan dengan sederhana/ karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Seluruh umat diminta untuk melakukan persembayangan imlek dirumah masing-masing.

#buleleng #pembersihanarca #peraayaanimlek2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x