Kompas TV regional berita daerah

Pelajar Adu Kemampuan Mengetik Aksara Bali Di Komputer

Kompas.tv - 16 Februari 2021, 15:28 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Minat generasi muda untuk menggeluti kebudayaan, pengembangan secara digitalpun terus ditingkatkan. Salah satunya mengembangkan aksara bali yang merupakan aksara utamanya yang sudah ada sejak bali kuno, terus dikembangkan. Baik melalui eksta kulikuler di sekolah hingga berbagai kegiatan lomba .

 

Seperti lomba mengetik aksara bali yang dilakukan oleh dinas kebudayaan kabupaten klungkung , yang mengikutkan kalangan pelajar tingkat SMP. walaupun ditengah pandemi covid-19 , para pelajar ini berpacu , berlomba mengetik atau menyalin tulisan  latin ke aksara bali , di komputer yang sudah terinstalasi program aksara bali .

 

Walaupun demikian, sejumlah peserta mengaku lebih mudah mengetik aksara dilaptop dibandingkan dengan menulis diatas kertas ataupun menulis diatas daun lontar menggunakan pisau tajam . Mereka hanya perlu mengetahui format dan cara penulisannya , karena dipastikan hasil setiap orang akan berbeda.

 

Lomba kali ini , tidak bisa semua sekolah memberikan wakilnya , seperti tahun lalu sampai dua ribuan peserta saat ini hanya dibatasi  maksimal  dua puluh orang untuk kalangan sd dan smp dan itupun mereka wajib jaga jarak dan mengenakan masker saat berlomba .

Selain kegiatan lomba menulis aksara , dalam rangka bulan bahasa bali tahun ini juga dilaksanakan berbagai lomba budaya lainnya termasuk kesenian.

#budayabali #menulisaksarabali #lombaaksarabalidengankomputer



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x