Kompas TV regional berita daerah

Bank Indonesia Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 10:29 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Dimasa pandemi covid-19 banyak usaha yang terdampak, tidak terkecuali sektor usaha mikro kecil menengah.

Untuk itu, bank Indonesia wilayah Kalimantan Timur melalui program karya kreatif Indonesia atau KKI 2021, mengadakan pelatihan go ekspor bagi pengusaha UMKM.

KKI 2021 diadakan karena UMKM merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi nasional, melalui KKI 2021 ini menjadi ajang produk unggulan lokal menuju pasar internasional.

Kepala perwakilan bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono mengatakan, pelatihan ekspor akademi ini untuk meningkatkan kualitas UMKM di Kaltim sekaligus membantu program pemerintah 100 UMKM go ekspor Kaltim.

Tutuk SH Cahyono juga menjelaskan dengan meningkatkan kepercayaan diri, memberikan pengetahuan tentang ekspor dan harus bersinergi menjadi kunci untuk bersaing di pasar internasional. 

Ekspor juga harus dimulai dari kreatifitas untuk memperlihatkan UMKM Kaltim mempunyai potensi bersaing di pasar internasional. Terlebih dimasa covid-19 banyak negara yang ekonominya baru pulih dari itu UMKM harus didorong dari sekarang.

Selain pelatihan go akademi UMKM diperlihatkan juga produk unggulan yang sudah di ekspor dibeberapa Negara.

Salah satunya pengusaha UMKM bernama Meita, melalui pelatihan sebelumnya, dirinya mendapat ilmu membuat katalog dan desain produk yang bisa bersaing, serta membuat omset naik dua kali lipat meski dimasa pandemi covid-19.

Pelatihan go ekspor akademi sendiri diselenggarakan selama tiga hari dengan jumlah peserta 60 pengusaha UMKM di Kaltim.

#GoEksporAkademi#UMKMKaltim#PengusahaUMKM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x