Kompas TV regional peristiwa

Satu Lagi ABK Asal Filipina yang Positif Covid-19, Total 14 Orang Diisolasi di RSUD Cilacap

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 23:29 WIB
satu-lagi-abk-asal-filipina-yang-positif-covid-19-total-14-orang-diisolasi-di-rsud-cilacap
Kapal MV Hilma Bulker yang mengangkut gula dari India kini bersandar di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (7/5/2021). Kapal itu kini dalam status karantina terbatas karena dari 20 anak buah kapal asal Filipina, 13 orang positif Covid-19. (Sumber: Kompas.id/ WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

CILACAP, KOMPAS.TV - Kasus positif Covid-19 yang terjadi pada anak buah kapal (ABK) asing di Cilacap, Jawa Tengah bertambah dari 13 menjadi 14 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi menyebut satu orang ABK terbaru diketahui positif Covid-19, Sabtu (8/5/2021).

Dalam konfirmasinya, Senin (10/5/2021), Pramesti menyampaikan evakuasi ke RSUD Cilacap telah dilakukan untuk satu orang ABK tersebut untuk menjalani isolasi bersama 13 orang lainnya.

"Dari 14 orang ABK , satu orang di antaranya masih dirawat di ruang intensif karena bergejala berat," ujar Pramesti.

Baca Juga: Kronologi 13 ABK Filipina di Cilacap yang Terjangkit Covid-19, Baru Datang dari India

Selain itu, Dinkes Cilacap juga masih menunggu pemeriksaan genome yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pemeriksaan itu bertujuan untuk mengetahui apakah ABK tersebut terpapar Covid-19 varian India atau bukan, lantaran kapal yang ditumpangi diketahui sempat berlabuh di India.

Sebelumnya, terdapat 13 orang ABK asal Filipina yang dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 saat akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam laporan tersebut, kapal pengangkut gula rafinasi itu kedapatan berlayar dari India pada 14 April 2021 dan tiba di Pelabuhan Cilacap 25 April 2021.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x