Kompas TV regional berita daerah

Si Rancak Maskot Porprov Jatim 2022 Terinspirasi Jaran Kencak, Ini Maknanya

Kompas.tv - 14 September 2021, 13:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Maskot Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur bernama ‘Si Rancak’ mulai diperkenalkan dan dilaunching di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Berikut ini makna filosofi ‘Si Rancak’ yang diambil dari kesenian tradisional Jaran Kencak.

Maskot  “Si Rancak” sebagai maskot Porprov Jatim tahun 2022 resmi dilaunching, pada Sabtu (11/9/2021) di Stadion Semeru Kabupaten Lumajang.

Launching Si Rancak dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dari 4 Kabupaten, yang menjadi tuan rumah Porprov, yakni Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Baca Juga: Persekap Terus Bersiap Jelang Porprov Jateng

Si Rancak merupakan simbol, yang menggambarkan kelincahan, kecepatan, kekuatan, ketangkasan dan sportifitas. Si Rancak juga menggambarkan kesenian khas Lumajang, yakni kesenian jaran kencak.

Ada 3 warna yang digunakan dalam maskot Si Rancak, yakni orange, hijau dan kuning. Warna orange merepresentasikan energi, kekuatan, semangat dan persahabatan dalam mensukseskan Porprov ke VII tahun 2022.

Warna hijau pada pakaian Si Rancak mempunyai arti mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani. Sedangkan untuk warna kuning melambangkan harapan, sportifitas dan optimisme.

Terakhir, obor yang menyala merupakan gambaran dari semangat juang dan persatuan dalam berolahraga.

Usai peresmian maskot Si Rancak, seluruh atlet dari 32 cabang olahraga, yang akan berkompetisi, langsung menjalani vaksinasi Covid-19. Porprov Jatim 2022 digelar di 4 kabupaten, yakni Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

 

#Maskot  #SiRancak  #PorprovJatim2022 #JaranKencak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x