Kompas TV regional berita daerah

Kabar Baik!! Honor Bagi Penggali Kubur Pemakaman Covid Mulai Dicairkan

Kompas.tv - 23 November 2021, 21:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Honor bagi penggali kubur untuk pemakaman covid di Kota Malang akhirnya cair setelah molor empat bulan. 

Pengambilan honor dilakukan langsung oleh penggali kubur di kantor UPT pemakaman Kota Malang mulai Senin (22/11/2021).

Sebelumnya mencuat dugaan pungli untuk honor pemakaman covid di Kota Malang. Banyak honor penggali kubur untuk pemakaman covid yang tidak tersalurkan.

Kepala UPT pemakaman umum Kota Malang Subaedi menuturkan pencairan honor bagi para penggali makam ini dilakukan secara bertahap. 

Diawali untuk pemakaman covid pada bulan Juli. Total ada 834 pemakaman covid. Jumlah honor bagi penggali kubur adalah Rp 750 ribu untuk setiap pemakaman.

“Ini untuk saat ini kita cairkan Juli sebanyak 834 pemakaman pada saat puncak pandemi covid. 

Yang buat sempat tertunda mungkin karena di proses, ada di pejabat lama, karena saya masih baru. Kendalanya kami kurang tahu” kata Subaedi. 

Salah satu penggali kubur dari TPU Ngujil Bunulrejo, Kosim, mengaku bersyukur honornya akhirnya cair. 

Ia mengaku sudah mencairkan honor untuk lima kali pemakaman covid yang memakai jasanya sebagai penggali kubur. 

“Alhamdulillah akhirnya cair. Ini saya mencairkan lima kali. Untuk bulan Juli pas banyak-banyaknya pemakaman” terangnya. 

Untuk mencairkan honornya, para penggali kubur wajib melengkapi berkas administrasi, sebagai bukti bahwa memang pernah menggali kubur untuk pemakaman covid, disertai membawa serta Ketua RT/RW setempat sebagai saksi.

Dilakukannya pencairan honor di kantor UPT pemakaman untuk mencegah praktik pungli dan pemotongan honor penggali kubur yang terjadi di kepemimpinan sebelumnya.

#honorgalikubur #makamcovid



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x