Kompas TV regional berita daerah

Bantuan Logistik dan Personel BPBD Jember Telah Dikirim untuk Penanganan Dampak Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 11:41 WIB
bantuan-logistik-dan-personel-bpbd-jember-telah-dikirim-untuk-penanganan-dampak-erupsi-gunung-semeru
Persiapan pemberangkatan personel BPBD Jember dan logistik untuk membantu penanganan letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JEMBER, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember siap membantu penanganan dampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo mengungkapkan, pihaknya telah mengirimkan sejumlah logistik dan personel ke lokasi terdampak bencana alam itu.

"Sebagai langkah penanganan, kami langsung melakukan koordinasi dengan BPBD Lumajang untuk ikut membantu memberikan bantuan bagi warga setempat yang terdampak bencana,"  kata Heru dikutip dari Antara, Minggu (5/12/2021).

"BPBD Jember ikut memberikan bantuan logistik dan sejumlah personel anggota tim reaksi cepat (TRC) ke warga terdampak erupsi Gunung Semeru," sambungnya.

Baca Juga: Setelah Erupsi Semeru, Pakar: Warga Jangan Kaget Jika Ada Letusan di Sungai, Waspadai Banjir Lahar

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa saat ini pemerintah daerah setempat sangat membutuhkan bantuan.

Baik itu bantuan logistik ataupun tenaga sukarelawan untuk mengevakuasi korban letusan Gunung Semeru yang belum terjangkau. 

"Saya butuh tambahan relawan, kepada teman-teman komunitas dan lembaga, yang bisa membantu kami guna mengevakuasi korban pada hari ini," ujar Thoriqul.

Sejauh ini, dalam proses evakuasi korban di Kecamatan Candipuro, BPBD Lumajang telah mendapat bantuan dari BPBD Kota Probolinggo.

Baca Juga: Mensos Risma Bagikan Makanan Kepada Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sedangkan di Kecamatan Pronojiwo, sudah ada bantuan personel dari BPBD Kabupaten Malang untuk mengevakuasi korban.

Kendati demikian, Thoriqul mengaku, masih perlu bantuan tenaga lagi untuk membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Kekuatan personel yang turun saat ini masih belum cukup untuk membantu para korban, sebab bencana awan panas guguran saat ini lebih besar dampaknya dibanding tahun lalu," ungkap Thoriqul.

"Kami semua bergerak bersama-sama untuk melakukan evakuasi," tandasnya.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x