Kompas TV regional berita daerah

Membuat Robot Manfaatkan Barang Bekas

Kompas.tv - 17 Maret 2022, 11:08 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dialah Umar Mustofa, 30 tahun seorang tukang las warga Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Tegal, Jawa Tengah, ia mahir membuat robot dari barang rongsok bernilai seni tinggi. Selain membuat miniatur robot berukuran mini, Umar juga membuat robot berukuran raksasa dengan tinggi sekitar dua meter.

 

Umar mengaku, memang gemar menggambar robot sejak kecil. Maka tak heran, rupa rupa robot bertema film fiksi mampu ia kerjakan dengan rapi dan detail. Dengan keahlian mengelasnya ia memanfaatkan barang barang bekas onderdil motor dan mobil yang dirangkai menjadi robot rancangannya.

 

Dibantu temannya, dalam sebulan Umar mampu memproduksi empat robot berukuran besar. Untuk memasarkan hasil karyanya, ia memanfaatkan media sosial dan pasar online atau marketplace. Satu persatu karya yang sudah sempurna ia posting di akun pribadinya.

 

Karyanya dijual mulai Rp. 250 ribu untuk ukuran mini hingga Rp. 50 juta rupiah untuk ukuran raksasa, dengan tinggi mencapai dua meter atau lebih. Sementara, modal yang ia keluarkan untuk bisa memproduksi sebuah robot ukuran raksasa dibutuhkan berbagai onderdil rongsokan dengan nilai sekitar Rp 10 juta rupiah.

 

Purwarupa buatan Umar ini pun telah dipesan seorang pemilik galeri di bali. Bahkan, ia mengaku seorang warga negara perancis telah memesan robot buatannya. Umar sudah berhasil membuat puluhan robot berbagai ukuran, bahkan sudah dikirim ke sejumlah kota di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x